Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Cara Mengatasi, Mencegah dan Membasmi Laron dan Rayap

DIOLUHTAN. Seringkali kita lihat saat musim hujan datang, banyak laron yang beterbangan di sekitar lampu neon. Hal ini tentu saja terkadang seringkali menganggu pemandangan dan mengurangi terangnya sinar lampu. Maka ada sebuah cara yang bisa anda lakukan untuk mengusir laron dari rumah anda. Gantungkan cabai merah yang berukuran besar sebanyak satu atau dua buah di tempat laron itu beterbangan, maka dalam waktu yang relatif singkat maka laron-laron itu pun akan menghilang dari rumah anda. Semoga cara mengusir laron menggunakan cabe merah ini berhasil anda lakukan. 
Cara Mengatasi Rayap
Selain laron mungkin yang tak kalah mengganggunya adalah Rayap. Serangga mirip semut ini merupakan serangga yang dapat membuat kerusakan pada kayu baik furniture terbuat dari kayu atau konstruksi rumah yang terbuat dari kayu. Rayap berkembangbiak secara pesat pada musim hujan, ia menyukai suasana lembab. Pada musim hujan pula, rayap akan membentuk koloni baru. Dimana ada laron yang bermunculan merupakan rayap dewasa jantan dan betina yang mencari pasangan. Rayap hidup berkoloni, inilah kekuatannya meski ia serangga kecil dan lemah. Dengan berkoloni, rayap mampu menembus permukaan tanah dan merusak perabotan dari kayu dengan memakannya.
Cara Mencegah Rayap datang ke Rumah
Sebaiknya memberi jarak saat menempatkan barang-barang berbahan kayu dengan tanah atau lantai. Bereskan sisa material kayu dekat pondasi rumah, ini bisa menjadi pintu masuk rayap. Perbaiki genteng atau saluran air yang bocor. Kebocoran akan menyebabkan kelembaban, situasi favorit rayap.
(Baca Pula : Daur Hidup Laron dan Rayap serta Fakta Uniknya)

Pemilihan jenis kayu yang benar bisa menjadi langkah awal yang benar untuk pencegahan. Untuk kusen, pilihlah jenis kayu jati atau merbau yang kurang disukai rayap. Kayu jati tidak disukai rayap karena materinya yang keras, sedangkan kayu merbau mengeluarkan bau khas yang menyengat serta mengandung zat ekstraktif yang bersifat racun bagi jamur dan rayap.
Setelah pemilihan kayu yang benar, langkah selanjutnya adalah menyemprotkan bahan kimia anti rayap ke tanah pondasi rumah sebelum rumah dibangun. Jika lantai dari kayu, semprotkan anti rayap ke seluruh lantai dan permukaan bangunan kayu rumah kita.
Anda sebaiknya mengenali tanda-tanda, apakah rumah sudah terserang rayap. Misalnya ada gumpalan kecil seperti lumpur di perabot dari kayu. Atau ada serbuk kayu dan lubang dimana-mana. Nah, kalau sudah melihat beberapa tanda-tanda invansi rayap, Anda dapat membongkar jalan masuk yang dibangun rayap dua kali dalam seminggu. Lakukan pemeriksaan menyeluruh pada perabotan dari kayu seperti rak buku, almari, dan lainnya. Lakukanlah pengecekan rayap secara rutin setiap bulannya. Tidak hanya lantai dan kusen saja, memeriksa furnitur-furnitur kayu yang ada di dalam dan di luar rumah juga penting. Dengan pengecekan rutin, membantu kita untuk bisa mendeteksi, melindungi dan mencegah rumah terhadap kerusakan total yang disebabkan oleh “si perusak” tersebut.
Lapisi perabotan dari kayu dengan pelitur, cara ini akan mempersulit rayap memakan kayu.
Cara Membasmi Rayap
Dikutip dari kompas.com ada sebuah cara yang bisa anda lakukan untuk membasmi rayap menggunakan tisu. Ada cara praktis agar rayap tak lagi doyan memakan bahan dari kayu. Caranya dengan pengumpan sentricon. Alat ini terdiri atas pengumpan agroscience dan detektor rayap (disebut stasion). Kedua alat ini dilengkapi dengan bahan seperti tisu sebagai makanan sekaligus racun pembasmi rayap hingga ke sarangnya. Bahan ini mengandung heksaflumuron semacam enzim hormon. Khasiatnya mampu menekan metabolisme pertumbuhan rayap dan dapat berakibat kematian.
Berapa biaya pemasangan sistem pengumpan sentricon ini? Rp 160.000 per m1 (meter lari). Biaya ini termasuk harga bahan, ongkos pemasangan, dan evaluasi keberhasilan selama dua bulan. Cara pemasangan alat ini mudah. Yang penting, Anda bisa menetapkan jalur rayap atau wilayah yang potensial disinggahinya. Penasaran?
Langkah-langkah :
Buka alat pengumpan Agroscience dengan bantuan obeng. Kemudian ambil nomer barcode untuk memudahkan data pemasangan dan mengontrol keberhasilan perkembangan.
Tarik lembaran bahan tisu. Semprotkan air dari tabung sprayer (penyemprot) secara merata. Tisu akan menjadi lembab.
Balutkan plakban hitam ke sekeliling alat pengumpan. Tempelkan alat itu pada dinding kusen plafon yang menjadi jalur rayap. Biarkan 2-3 minggu. Setelah itu cek kondisi tisu: jika habis, ganti dengan yang baru. Dalam waktu 8 minggu, rayap akan mati seluruhnya.

Tips lainnya dari layanan produk jasa dari REMAPEST-The pest solution program, yang menggunakan sistem pengumpanan, produk dari amerika serikat.
Bahwa mestinya dilihat dulu dari jenis rayap dan tingkat keparahan dari masing-masing property. Mereka menyarankan, agar mereka melihat dulu sejauh mana tingkat serangan itu ada, setelah survey baru mereka tawarkan solusinya. 
Sistem pengumpanan, selain tidak merusak tanah, tidak menggunakan chemical sangat mudah diaplikasikan, dan mempunyai efek yang sangat cepat. Kebiasaan rayap yang memakan makanan sasarannya secara afgresif, 24 jam per hari, dan membagikannya kedalam koloninya mampu menurunkan dan membasmi rayap secara cepat.
TERMIBAIT adalah produk baru mereka untuk pemberantasan rayap di rumah anda yang :
  • Tidak beracun, karena tidak mengandung Kimia
  • Tidak merusak Bangunan, karena cara aplikasinya tidak ada pengeboran lantai, atau penyemprotan
  • Memberantas rayap hingga ke Ratunya. Rayap di rumah anda akan kami matikan hingga ke Ratunya.
Rayap yang merusak kayu di rumah anda hanyalah salah satu kasta yang ada pada koloninya. Ada beberapa kasta dalam koloni (keluarga) rayap, yaitu : Ratu, Raja, Kasta Pekerja, Kasta Serdadu dan Kasta laron serta kasta selir.
Dari semua kasta yang ada, Hanya Kasta Pekerja yang paling berbahaya bagi rumah kita, karena hanya kasta inilah yang bisa mencari makan dan merusak kayu. Kasta Pekerja setiap 30 hari sekali selalu ganti kulit ( molting) . Jika mereka tidak berganti kulit, maka Mati.
Nah, TERMIBAIT, Produk Import ini, terbuat dari campuran pellet yang mengandung hormon Hexaflumuron di dalamnya, dapat membuat sistim pergantian kulit dari rayap pekerja tidak dapat berfungsi dengan baik. Jadi apabila Sentricon diumpankan kepada Rayap Pekerja, maka mereka akan terkontaminasi oleh hormon tersebut. Mereka akan mati secara perlahan. Jika Rayap pekerja dalam koloni itu semua mati, maka Koloni itupun akan mati, tidak terkecuali Ratunya di dalam sarang itupun akan Mati.
Dengan demikian kehidupan Koloni Rayap pun akan MATI.
Y.A. Yahya, dari berbagai sumber
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment