#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Melirik, Potensi Aren/Enau di Kec. Bontocani, Bone-Sulsel

Aren atau Enau (bahasa latin Arenga pinnata, suku Arecaceae) merupakan palma yang serbaguna dan mudah ditemui di wilayah Kab. Bone. Tanaman ini sudah sejak lama dikenal para petani kita sebagai tanaman bernilai ekonomis, Jumlahnya secara pasti belum diketahui tapi diyakini potensinya di Kec. Bontocani, Kab. Bone, Sulawesi Selatan luar biasa besar dan tersebar sampai ke pegunungan. Masyarakat di daerah tersebut memanfaatkannya lewat sumber mata pencaharian melalui produksi minuman tuak atau diolah menjadi gula merah.

Para penduduk di Desa Bana, Kec. Bontocani sehari-harinya banyak melakukan aktifitas yang berhubungan dengan kawasan hutan sekitarnya, salah satunya mengelola pohon Aren yang tumbuh liar dan mengolah niranya untuk dibuat gula merah. “Punya daya jual dan produksi yang besar, Aren bisa menjadi primadona buat petani. Selama ini, masalah pengembangannya hanya karena minimnya pengetahuan dan informasi” hal ini diungkapkan Ketua Gapoktan Desa Bana, Marzuki kepada Diorama Penyuluhan Pertanian.

Lebih lanjut Marzuki menuturkan agribisnis berbasis aren menghasilkan produk utama gula merah bisa menjadi sumber gula alternatif sehingga kita tidak pusing dengan impor gula lagi. Sekarang setelah penyuluh setempat memberikan pemahaman, baru disadari aren mempunyai potensi yang luar biasa besarnya dari segi ekonomi, pemerataan pendapatan, dan penanggulangan kemiskinan, serta pelestarian lingkungan. Dari segi ekonomi, aren melalui suatu proses sederhana menghasilkan tuak (nira) yang bisa diproses jadi gula merah sebagai  pengganti gula putih dan etanol yang penting untuk energi. Dari segi pemerataan pendapatan, aren diusahakan petani-petani kecil dan kebanyakan masih belum dibudidayakan dan tumbuh liar di hutan-hutan sekitar pemukiman. Karena itu produk-produk ekonomis tadi dimanfaatkan rakyat. Jadi aren ini dapat dijadikan program penanggulangan pengangguran dan kemiskinan di pedesaan. Dari segi kelestarian lingkungan, aren tumbuh subur bersama-sama pohon lain. Oleh karena itu, aren mampu menciptakan ekologi yang baik sehingga tercipta keseimbangan biologi. Di samping itu, karena dia tumbuh bersama-sama pohon lain dapat menjadi penahan air yang baik dan aren relatif sulit untuk terbakar.  
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment