#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Klinik Konsultasi Agribisnis BPK Barebbo Kab. Bone

Bone, Sulsel - Petugas lapangan seperti penyuluh pertanian sektor peternakan harus menjadi contoh yang baik bagi pembudidaya ternak. Karena itu penyuluh perlu membuktikan keberhasilan suatu inovasi dan teknik dari teknologi tersebut sebelum dijadikan materi suluhan kepada pelaku utama peternakan. Seperti halnya penyuluh peternakan yang bertugas di Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK) Barebbo yang memilih metode demonstrasi untuk menyuluhkan teknologi inseminasi buatan, cara injeksi vaksin dan obat-obatan ternak serta demplot pemeliharaan ternak sapi di lahan milik BPK sebagai klinik konsultasi agribisnis khususnya bagi pelaku peternakan

Dipilihnya metode demplot tersebut karena pembudidaya ternak khususnya peternak sapi akan lebih yakin jika suatu inovasi teknologi disaksikan langsung keberhasilannya di tingkat lapangan.
Muh. Yamin, SP, salah satu penyuluh pertanian yang berlatar belakang peternakan menjelaskan untuk merubah pola pikir, sikap dan perilaku peternak tidak cukup hanya dengan penyuluhan berbentuk ceramah atau pidato. Tetapi peternak menginginkan bukti dari penyuluh sehingga dilaksanakanlah penyuluhan dengan metode demplot percontohan ini agar peternak melihat dan akhirnya percaya dan mau mengikuti keberhasilan itu.
Kepala BPK Barebbo, H. Tjappi, SP mengatakan, kegiatan percontohan ini sejalan dengan harapan Kepala BP4K Kab. Bone. “Kepala BP4K Kab. Bone selalu mengingatkan setiap ada pertemuan dengan penyuluh agar para penyuluh harus lebih banyak melakukan kegiatan demplot daripada penyuluhan dalam bentuk teori karena petani akan langsung percaya jika sudah melihat bukti keberhasilan di lapangan,” ujar H. Tjappi, SP
Diharapkan nantinya ada rumah kompos dan unit instalasi biogas agar limbah kotoran sapi dapat dimanfaatkan sehingga petani bisa lebih bergairah dalam beternak sapi karena bisa memperoleh nilai tambah selain dari penjualan sapi.
Yusran A. Yahya


Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment