Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Pos (stasiun) Curah Hujan Optimalkan Pertanian

Bone, Sulsel - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Kelas I Makassar berupaya mengoptimalkan pos pengamatan curah hujan di sejumlah wilayah se-Prov. Sulsel guna mendukung sektor pertanian.


Staf BMKG Stasiun kelas I Makassar, Eko Sulistyo di Palattae, Kahu,  mengatakan untuk saat ini, kami membangun pos hujan di Kec. Bontocani dan Kec. Kahu. Optimalisasi pemanfaatan pos pengamatan curah hujan yang dibangun di Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK) Bontocani dan BPK Kahu, menurutnya, dimulai dengan memberikan penyuluhan kepada petugas tentang tata cara penggunaan serta perawatan alat sekaligus proses pelaporan data.


Dia mengatakan, penyuluhan tentang pemanfaatan pos pengamatan curah hujan perlu dilakukan, karena manfaatnya cukup besar terutama bagi sektor pertanian. Idealnya, menurutnya, satu pos pengamatan curah hujan mencakupi wilayah satu kecamatan atau tidak boleh lebih dari itu, agar pengamatan berjalan lebih maksimal. "Jika data pengamatan tersebut maksimal, tentunya juga akan menguntungkan bagi pemerintah dan masyarakat. Hasil tani juga tidak akan terganggu dengan cuaca yang telah diprediksi sejak jauh hari," ujarnya.
Hadir dalam pembangunan pos hujan tersebut Penyuluh Urusan Programa Peternakan BPK Bontocani, Yusran A. Yahya, Kepala BPK Kahu (Kamaruddin, SP) dan para penyuluh pertanian.
Yusran A. Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment