Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

BPK Barebbo Sulsel, sukses Membina Pelaku Agribisnis

Bone, Sulsel Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK) Kec. Barebbo memang layak menyandang sebagai BPK Teladan mewakili Kab. Bone di tingkat Nasional.. Karena selama ini, BPK pimpinan H. Tjappi,SP ini dinilai telah berhasil dalam membina pelaku utama dan pelaku usaha di bidang pertanian dan perikanan di wilayah Kec. Barebbo.
"Untuk penyuluhan, kami bersama personel penyuluh lingkup BPK Barebbo melakukan pembinaan dan penyuluhan terhadap pelaku utama (perseorangan/individu) yang kini sukses sebagai pelaku usaha di bidang masing-masing. Dan untuk lahan BPK sendiri kami buat demplot tanaman hortikultura, kolam terpal untuk ikan dan ternak sapi" ungkap H. Tjappi.
BPK Barebbo juga telah melakukan ujicoba usahatani dan berkerjasama dengan lembaga-lembaga lain semisal LIPI, BPTP, UNHAS dan lain-lain. Dari semua hal tersebut BPK Barebbo juga membuka Klinik Agribisnis bagi petani yang ingin berkonsultasi dalam memecahkan masalah pertaniannya.

Wilayah kerja BPK Barebbo mencakup 18 desa/kelurahan dengan dibina oleh para penyuluh antara lain Muh. Yamin, SP (Lampoko-Cempaniga), H. Tjappi, SP (Kampuno-Apala), Haderah, SP (Kading), Sucipto, SP (Samaelo-Parippung), Yahya, SP (Kajaolaliddong-Wollangi), Nurhanabja, AMd (Cinnong), Daswa (Cingkang), Erni Bayani, SP (Barebbo), St. Wahidah, SP (Congko-Bacu), Nasriani, SP (Talungeng), Harmini, STP (Sugiale), Farhan, SP (Corawali), A. Nurliaty (Watu)
Para penyuluh dan petani di Kec. Barebbo pun mengharapkan BPK Barebbo dapat memberikan hasil yang baik dalam penilaian BPK Teladan mewakili Kab. Bone di tingkat Nasional “ Insya Allah, kami ingin juara dan memperoleh penghargaan langsung dari bapak Menteri Pertanian dan Presiden RI” ujar H. Tjappi, SP.
Yusran A. Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment