Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Selain China dan Jepang, Indonesia Masuk 3 (tiga) Besar Negara dengan Komunitas Bonsai Terbesar dan Berkualitas

DIOLUHTAN. Indonesia masuk jajaran tiga besar negara dengan komunitas bonsai terbesar dan berkualitas, selain Jepang dan China. Bonsai Indonesia memiliki keunikan dan sangat diminati oleh negara-negara di Eropa.
Banun Harpini (tengah) Kepala Badan Karantina Pertanian dengan Tanaman Bonsai 

Karena itulah kita mengekspor tanaman bonsai. Ekspor bonsai Indonesia dimulai tahun 2010 dan terus meningkat seiring dengan permintaan negara mitra dagang dengan rata-rata ekspor per tahun berkisar antara 6.000 pohon sampai dengan 8.000 pohon. Lebih dari 80%-nya melalui Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.
Potensi ekspor bonsai Indonesia akan terus berkembang, dan diprediksi di tahun 2018 akan menembus angka 10.000 pohon. 

Saat Selasa (19/12/2017) di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementan, Banun Harpini, saat melepas satu truk kontainer yang berisi lebih kurang 1.617 pohon tanaman bonsai untuk dikirim ke Eropa. Ini merupakan ekspor bonsai terbanyak dan ekspor perdana yang proses eksportasinya berbasis ‘In Line Inspection’ dan bersertifikat karantina secara elektronik (e-Cert).
Editor : Y.A.Yahya
Sumber dan Foto : Fanspage FB Amran Sulaiman
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment