#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Launching Pejantan Unggul Uji Zuriat Sapi Perah Nasional

DIOLUHTAN. Malang-Jatim.– Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari kembali melaksanakan kegiatan Launching Pejantan Unggul Uji Zuriat Sapi Perah Nasional yang dihadiri oleh Wakil Bupati Malang (Drs. H.M. Sanusi, MM), Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak (Ir. Sugiono, MP), Komisi Pertimbangan, Perwakilan dari GKSI dan seluruh stake holder terkait.
Kegiatan tersebut merupakan puncak acara kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka seleksi pejantan unggul sapi perah hingga terpilihlah 2 (dua) ekor pejantan yaitu SG Bolton dan SG Gabe.
Kepala BBIB Singosari, drh. Enniek Herwijanti, MP  saat membuka kegiatan launching tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pengakuan dari keberhasilan pelaksanaan uji zuriat sapi perah nasional yang tidak lepas dari peran seluruh insan peternakan untuk memajukan dunia peternakan khususnya sapi perah di Indonesia, "BBIB Singosari mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya penyediaan benih/semen beku sapi perah yang berkelanjutan untuk itu perlu kerjasama yang baik antara lembaga dan menghargai segala jerih payah dalam upaya menghasilkan pejantan unggul khususnya sapi perah" ungkapnya (Sabtu, 9/12/2017). 
Sementara itu, Wakil Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM mengungkapkan bahwa konsumsi perkapita masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi susu saat ini berkisar antara 14-16 Kg/Kapita/Tahun, hal tersebut masih sangat rendah jika dibandingkan dengan Negara ASEAN lainnya seperti Malaysia 36.2, Myanmar 26,7 Thailand 22,2, Philipina 17,8 Kilogram per kapita per tahun. Untuk itu Beliau berharap ke depannya terjadi peningkatan konsumsi susu.
Lebih lanjut H.M. Sanusi menyampaikan bahwa sub sektor peternakan diharapkan dapat menunjang sektor pariwisata terutama wisata agro-edukasi, mengingat Malang memiliki beraneka macam lokasi wisata selain itu dengan adanya pejantan sapi unggul sapi perah hasil uji zuriat dapat memenuhi kebutuhan akan benih/bibit khususnya sapi perah. "Kami berharap peternakan sapi perah dapat berkembang menjadi skala industri khususnya di Malang" ujarnya.
Ditempat yang sama, Komisi pertimbangan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat sehingga kegiatan uji zuriat periode IIC ini dapat berjalan dengan lancar, ditengah-tengah dengan segala keterbatasan namun tetap semangat dan setia dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Suka duka dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut terbayar sudah dengan telah dihasilkannya 2 (dua) ekor pejantan unggul sapi perah nasional, namun hal tersebut jangan hanya sampai disitu saja perlu pemikiran dan upaya yang lebih keras lagi untuk mensukseskan kegiatan tersebut di periode-periode berikutnya.

Sementara itu Ir. Sugiono, MP (Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak) juga menyampaikan hal yang sama, bahwa memang saat ini konsumsi rata-rata perkapita masyarakat Indonesia masih jauh dibandingkan dengan Negara tetangga, untuk itu Beliau sangat mendorong sekali peningkatan konsumsi susu di Indonesia.
Editor : Y.A.Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment