Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Pemberian Daging Katak Sawah sebagai Pakan Ayam Bangkok Aduan

DIOLUHTAN-suluhtani. Tubuhnya yang gempal, pendek, punggung agak bungkuk, kulitnya yang lembab serta kaki belakangnya yang panjang membuat beberapa orang merasa jijik dengan binatang ini. Terlintas jika mendengar kata ‘Katak Sawah’ mungkin sebagian orang akan merasa jijik dengan hewan amfibi satu ini. Namun, tahukah kalian manfaat daging katak atau kodok untuk ayam aduan anda?
Untuk diberikan pada ayam aduan, sebaiknya katak dikuliti dahulu, karena biasanya bagian kulit katak ada racunnya. Pemberian katak sawah pada ayam aduan cukup sedikit saja daripada berlebihan.

Pemberian daging katak untuk ayam aduan, sebaiknya seukuran jempol tangan sebanyak 2 ekor setiap seminggu sekali. Pemberian katak sawah ini dapat mendongkrak keagresifan ayam serta meningkatkan daya lompat saat memukul sehingga menghasilkan pukulan yang tepat sasaran.
Kandungan Daging Katak
Daging katak/kodok sendiri memiliki beberapa manfaat yang banyak digunakan dalam berbagai keperluan. Di rumah-rumah makan Tionghoa, daging katak telah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang lezat. Menurut informasi yang diteliti oleh Food Weight, kandungan per 100gr daging hewan Katak, sebagai berikut :
• Energi Daging Katak = 73 kkal
• Protein Daging Katak = 16,4 gr
• Lemak Daging Katak = 0,3 gr
• Karbohidrat Daging Katak = 0 gr
• Kalsium Daging Katak = 18 mg
• Fosfor Daging Katak = 147 mg
• Zat Besi Daging Katak = 1 mg
• Vitamin A Daging Katak = 0 IU
• Kandungan Vitamin B1 Daging Katak = 0,14 mg
• Vitamin C Daging Katak = 0 mg
Selain bermanfaat bagi manusia, manfaat daging katak juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan ayam aduan. Beberapa manfaat daging katak tersebut adalah :
Sumber Protein Yang Tinggi
Daging katak/kodok juga baik untuk kesehatan ayam aduan karena daging katak merupakan sumber protein hewani yang cukup tinggi. Daging katak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit pada ayam aduan. Protein yang diperlukan untuk tenaga tambahan saat ayam berlatih ataupun bertarung.
Sebagai Antibiotik
Banyak ilmuan yang mengetahui jika kulit yang menempel pada daging katak mengandung zat-zat yang berfungsi untuk membunuh mikroba penyebab penyakit. Penelitian menyatakan bahwa zat-zat yang terkandung pada kulit katak bisa dimanfaatkan sebagai antibiotik untuk manusia, dan juga untuk ayam aduan yang mengkonsumsinya.
Menyembuhkan Cedera dengan Cepat
Peneliti dari tim Prof Chris Shaw juga menemukan kalau daging Katak fire-bellied yang memproduksi protein bisa membantu seseorang jika ingin sembuh dari cedera dalam waktu singkat. Begitu juga dengan ayam aduan yang cedera karena bertarung.
Kalsium dan Fosfor Yang Tinggi
Manfaat dari Katak sawah untuk ayam aduan adalah memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Itu karena kandungan kalsium pada daging katak cukup tinggi, baik untuk struktur tulang dan paruh ayam.
Demikianlah uraian dan penjelasan mengenai fungsi dan khasiat pemberian daging katak sawah untuk Ayam bangkok aduan, bahkan untuk ayam piaraan lainnya. Semoga bermanfaat untuk ayam anda.
Editor : Y.A. Yahya
Sumber Artikel dan Foto : www.juarasabungayam.com
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment