#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

"Katanya" Bikin Bisul, Padahal Kualitas Gizi Telur Nyaris Sempurna

DIOLUHTAN - Bone, Sulsel. Lomba makan telur ayam rebus yang akan dilakukan oleh Dinas Peternakan Kabupaten Bone, Prov. Sulsel dalam rangka turut meramaikan HUT-RI Kemerdekaan RI ke-72 dengan menyediakan ribuan telur rebus gratis kepada para peserta baik anak-anak, pria dan wanita dewasa. Salah satu tujuannya untuk membantu perbaikan gizi anak dan masyarakat secara umum sekaligus memberantas salah satu mitos yang banyak dipercayai bahwa telur membuat bisul.
Ketua Umum IDI dr Zaenal Abidin, MH seperti dikutip dalam web www.health.detik.com, mengatakan telur adalah sumber protein yang mudah diolah dan terjangkau oleh masyarakat. Sayangnya terkadang akibat mitos ada saja orang yang jadi segan memakan telur. "Ini juga untuk mengubah pandangan masyarakat bahwa telur itu membuat bisul. Telur selalu dibuat berdosa padahal sebetulnya dosa itu bukan pada telur," ujar dr Zaenal.
Apabila ada orang yang memang terkena bisul ada kemungkinan ia memiliki alergi. Namun dr Zaenal mengatakan makanan yang bisa menyebabkan alergi itu ada banyak sehingga telur tak bisa dipegang penuh sebagai penyebab bisul.
Faktor utama penyebab bisul muncul adalah kebersihan baru setelah itu alergi. "Hampir seluruh sumber protein bisa jadi penyebab alergi sehingga faktor kebersihan itu (lebih diutamakan -red). Jadi ya kita berusaha mengubah pandangan orang telur itu bukan penyebab bisul," tutup dr Zaenal.

Sementara itu, Penyuluh Pertanian Dinas Peternakan Kab. Bone, Yusran A. Yahya mengungkapkan bahwa Telur adalah salah satu sumber protein terbaik dan merupakan makanan yang berkualitas tinggi. "Telur adalah sumber protein lengkap (protein dengan semua asam amino esensial) dan memiliki vitamin larut lemak penting A, ED, K, jadi telur bisa membantu meningkatkan metabolisme,  telur juga membantu dalam penurunan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah yang normal. Telur juga kaya  mikronutrien seperti B- Complex Vitamin, Se, Zn yang bertindak sebagai penguat kekebalan tubuh dan salah satu sumber terbaik dari klorin dan vitamin D" ungkap Yusran
Editor dan Foto : Y.A. Yahya

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment