Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Konsultasi Kesehatan Ternak/Hewan ke Penyuluh Pertanian

DIOLUHTAN. Sulsel. Saat musim sekarang ini, masalah kesehatan ternak harus dipandang sebagai masalah kesehatan semesta, yang memerlukan pendekatan paradigma “one world, one health, one medicine”.
Menurut Yusran A. Yahya, SPt, MSi, Penyuluh pertanian Dinas Peternakan Kab. Bone yang bertugas di Kec. Patimpeng dan Kec. Bontocani, mengatakan bahwa hal tersebut mengandung implikasi pentingnya penyelesaian masalah kesehatan hewan secara tuntas dan berkesinambungan dalam suatu sistem kesehatan vateriner. Pada hakikatnya upaya kesehatan, termasuk kesehatan hewan, merupakan tanggung jawab bersama dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan, maka penyuluhan dan pendampingan perlu dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan. 
Penyuluh Pertanian (kanan) memberikan konsultasi (konsep) peternakan di kantor Desa Massila, Patimpeng
Penyuluh pertanian Disnak telah menerapkan penyuluhan kesehatan hewan berupa kegiatan konsultasi yang bersifat konsep, mengingat potensi peternakan yang ada di Kabupaten Bone khususnya Kec. Patimpeng sangat bervariasi. Pelayanan aktif dilaksanakan oleh PPK Peternakan dibantu oleh penyuluh sesuai dengan programa penyuluhan yang disusun setiap tahunnya seperti pemeriksaan- pemberian obat cacing, vaksinasi dan pembinaan kelompok peternak. “Konsultasi pertanian (peternakan) bersifat konsep ini sesuai dengan amanah Peraturan Menteri Pertanian RI Nomor 35/Permentan/OT.140/7/2009 dan hal itu bisa dilaksanakan sesuai kebutuhan petani-ternak” tuturnya.
Sumber : Koran Harian Tribun Bone (Senin 7/8/2017)
Editor : Y.A.Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment