Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Tips Singkat, Bagi Rumah yang Sering Kemasukan Ular

DIOLUHTAN-suluhtani. Ular adalah hewan liar yang habitatnya paling dekat dengan hidup manusia. Jadi tidak aneh kalau ular juga sering muncul di tengah-tengah masyarakat. Bahkan tak jarang ular itu main ke kamar mandi atau kamar tidur rumah warga. Penyebab yang paling kuat kenapa ular bisa masuk rumah adalah karena adanya mangsa yang mereka buru.
Penyuluh Pertanian Kab. Bone, Yusran A. Yahya memaparkan bahwa terdapat beberapa kemungkinan yang menyebabkan ular bisa masuk ke halaman atau didalam rumah Anda. "Bisa jadi karena lokasi rumah anda yang berdekatan dengan alam bebas seperti sungai, rawa-rawa, sawah, hutan, dan kebun. Atau mungkin juga karena mereka (ular) terbawa oleh aliran air hujan yang membanjiri lingkungan tempat tinggal anda" ungkap petugas peternakan yang lama bertugas di wilayah penduduk yang dikelilingi hutan dengan lingkungan lembab ini.
Berdasarkan pengalaman beliau dan informasi dari artikel mengenai binatang jelata. Yusran memaparkan beberapa poin yang perlu kita ingat :
1. Ular masuk rumah karena mencari mangsa, tikus atau mencari kehangatan. dia tidak dengan sengaja datang untuk menyerang manusia.
2. Ular takut dengan manusia
3. Ular tidak suka bau-bauan menyengat
4. Ular tidak takut garam
5. Ular akan semakin menyerang agresif jika disakiti dan terdesak
6. Ular sensitif cahaya lampu, jika menngunakan senter saat mencari atau mengusir ular di dalam rumah, hati hati pada efek gerakan senter kita yang justru akan meprovokasi ular untuk menyerang arah lampu/cahaya
7. Ular suka sembunyi di tempat gelap, sempit dan bisa masuk ke dalam liang kecil sebesar kepalanya.
8. Ular tidak semua berbahaya dan mematikan, ada banyak jenis ular yang tidak berbahaya.
9. Ular yang mendesis belum tentu berjenis Cobra dan belum tentu berbisa. Dia mendesis mengeluarkan udara melalui lubang mulutnya untuk menakuti sosok lain yang mengancamnya.
10. Jangan handling ular tanpa alat.
Yang perlu kita lakukan, jika ular terlihat masuk/di dalam Rumah;
1. Jangan panik, usahakan semua keluar dari rumah dengan tenang.
2. Tutup semua pintu dan jendela rumah
3. Seluruh anggota keluarga ambil posisi diluar rumah dengan jarak yang aman dari pintu.
4. Semprotkan wangi-wangian yang menyengat ke area dimana ular terlihat terkhir kali, bisa di dalam kamar atau dapur. Jenis semprotan yang digunakan tidak berbahaya untuk makanan.
5. Tutup semua jendela dan pintu sekitar 15 - 30 menit.
6. Setelah itu, buka salah satu pintu. Sebaiknya pintu tersebut terhubung dengan udara luar dan jauh dari keluarga.
7. Diam kan sesaat.
Foto : Babe Nulis (inzet : infokerajaanhewan)
8. Karena ular tidak suka bau-bauan menyengat, dia akan bergerak keluar dari ruangan pekat tadi ke arah udara masuk.
9. Setelah keluar dan menyentuh tanah, pastikan dia benar-benar terusir keluar halaman dengan tongkat atau sapu.
10. Ular tidak perlu ditangkap atau dibunuh untuk keluar dari rumah kita.
Demikianlah, beberapa tips yang Dioluhtan rangkum dari pengalaman beliau yang diperuntukkan untuk rumah yang kemasukan Ular, apalagi hewan liar ini habitatnya paling dekat dengan kehidupan manusia. Akan tetapi, penyebab yang paling kuat kenapa ular bisa masuk rumah adalah karena adanya mangsa yang mereka buru, lokasi rumah yang berdekatan dengan rawa, sawah, sungai, hutan, dan kebun. Semoga bermanfaat bagi anda. (yay)
Foto dan Editor : Y.A. Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment