Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Tiga Menteri Pertanian “Negara Kawasan Oseania” Jalin Kerjasama Beras dengan Indonesia

DIOLUHTAN. Jakarta - Tiga kolega, sesama menteri pertanian dari negara kawasan Oseania yaitu menteri pertanian Fiji, menteri pertanian Vanuatu dan menteri pertanian Samoa, datang ke kantor Kementerian Pertanian, Rabu (9/8/2017) kemarin. Mudah diduga, kedatangan mereka hendak menjalin kerjasama dengan Indonesia terkait kebutuhan mereka akan beras.
Selama ini, mereka membeli beras seharga dua dollar AS atau sekitar Rp23 ribu per kilogram. Nah, kami tawarkan kepada mereka beras di harga separohnya: satu dollar AS per kilogram. Tentu saja mereka bersedia.
Kami pun menandatangani Nota Kesepahaman bersama, saya sebagai Menteri Pertanian RI dan mereka mewakili negara masing-masing.
Lalu bagaimana dengan persediaan kita? Untuk menyuplai beras ke negara Vanuatu dan Fiji, Indonesia telah membuka lahan di daerah perbatasan atau di daerah pinggiran seperti di Kabupaten Lingga, Nusa Tenggara Timur, lalu di Merauke di Papua.
Kerja sama dengan Samoa, Fiji dan Vanuatu ini juga menyangkut komoditas lain seperti kelapa. Selain itu, Indonesia memberikan bantuan mekanisasi pertanian untuk tiga negara itu
Editor : Y. A. Yahya
Foto dan Sumber : FP Amran Sulaiman
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment