#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Warna Sayuran Berbeda serta Lemak-Garam dibatasi adalah Salah Satu dari 7 Langkah Hidup Sehat

DIOLUHTAN-suluhtani. Jika tahun lalu Anda sering sakit, makan sembarangan, tak peduli kesehatan, jangan tunggu sampai tubuh ambruk akibat serangan jantung atau diagnosis kolesterol tinggi. Mulai tahun ini, jalankan tujuh aturan hidup yang lebih sehat berikut.

Makanan dengan Warna Berbeda (Foto: Dunia Medicine)
1. Makan makanan dengan warna yang berbeda-beda
Lindungi diri Anda dari penyakit kronis dengan menambah berbagai makanan yang memiliki warna berbeda ke piring Anda. Memang, makanan berwarna biasanya kaya akan phytochemical (nutrisi pigmen dalam buah dan sayur) yang “mencegah penyakit dan menjaga tubuh Anda agar bekerja dengan baik,” jelas para ahli kesehatan di Web MD.
Penulis kesehatan Michael Pollan menekankan poin ini: “Perlindungan terbaik adalah diet yang mengandung phytochemical yang berbeda sebanyak mungkin,” katanya.   Jadi, sayuran hijau itu sangat baik. Tapi semakin menu makan Anda terdiri dari berbagai warna berbeda seperti sayuran hijau, terung ungu, tomat merah, sawi putih, paprika kuning, semakin baik lagi hasilnya.
2. Lindungi diri dari matahari
Sinar matahari tidak selamanya menguntungkan bagi tubuh kita. Sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya dari pancaran matahari merupakan “penyebab utama kanker kulit,” kata para ahli kesehatan di Web MD.
Hindari penyakit yang diakibatkan oleh matahari pada 2014 dan ciptakanlah kulit yang lebih sehat dan tampak lebih muda dengan mengoleskan krim matahari ketika Anda keluar rumah. Pilihlah lotion atau spray yang bisa melindungi kulit Anda baik dari sinar UVA maupun UVB, untuk perlindungan optimal.
3. Periksalah kesehatan Anda
Jadikanlah misi Anda untuk tidak pernah melewatkan pemeriksaan kesehatan rutin pada 2014 – itu bisa menyelamatkan nyawa Anda. “Ketahuilah faktor risiko personal Anda misalnya dari penyakit bawaan dan riwayat kanker dalam keluarga, dan tes apa yang Anda perlukan. Para wanita bisa melakukan tes mamogram untuk memindai kanker payudara dan tes Paps untuk kanker serviks. Para pria bisa melakukan tes PSA kanker prostat,” kata Jeanie Davis dari Web MD.
Setelah Anda menentukan tes apa saja yang perlu Anda lakukan, selalu luangkan waktu untuk melakukan semua tes tersebut. Tes yang Anda rencanakan untuk dilewatkan bisa jadi tes yang akan menyelamatkan hidup Anda.
4. Batasi stres
Di dunia sibuk yang kita tinggali ini, situasi yang bisa membuat stres memang sering tidak bisa dihindari, namun bisa menjadi penyebab utama untuk semua masalah kesehatan. “Stres memperburuk dan meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, diabetes, depresi, masalah pencernaan, dan asma,” jelas para ahli kesehatan di Web MD. 
Penting untuk membatasi jumlah stres yang kita alami untuk tetap sehat. Untuk melakukannya, “kita perlu menentukan batasan – dan menentukan limit untuk jam kerja. Kita tidak boleh bekerja terlalu keras sampai mengabaikan hal-hal yang menjaga kita tetap sehat,” saran Jeanie Davis dari Web MD. Mungkin pulang kantor kita bisa mandi air hangat dan berendam dalam busa untuk menenangkan diri.
5. Olahraga
Ada alasan bagus yang sudah dihapal oleh kita semua mengenai pentingnya berolahraga, itu penting untuk kesehatan. “Bahkan meskipun olahraganya sebentar tapi sering dilakukan bisa mengurangi risiko terkena penyakit kronis besar seperti jantung koroner, stroke, dan dua tipe diabetes, hingga mencapai 50 persen. Olahraga rutin bisa mengurangi risiko kematian dini sebesar 20-30 persen,” lapor para ahli kesehatan dari NHS.
Jadi, Anda bisa memilih untuk pergi ke gym dua kali seminggu, atau berlari keliling komplek 3 kali seminggu,  atau memilih bersepeda ke kantor setiap hari, yang penting olahraga!
Pentingnya Olahraga (Foto: www.dbs.com)
6. Perbanyak tidur
Ini adalah satu aturan kesehatan yang tidak akan berat kita ikuti pada 2014 – perbanyak tidur! Banyak tidur akan membantu menjaga tubuh Anda melawan penyakit sejak awal. Memang, kurang tidur “menekan fungsi sistem kekebalan tubuh,” jelas Denise Mann dari Web MD. Jadi, berapa lama waktu tidur yang harus Anda ambil? Para ahli dari NHS menyarankan bahwa kebanyakan orang dewasa sehat “tidur selama tujuh sampai sembilan jam semalam.”
7. Batasi konsumsi lemak dan garam
“Garam dan lemak berlebihan dalam diet kita adalah penyebab utama dari penyakit kronis seperti jantung, stroke dan diabetes,” jelas para ahli kesehatan dari NHS. Batasi kadar garam yang Anda tambahkan ke masakan dan waspadai kandungan garam yang terkandung dalam makanan yang Anda beli sehari-hari – apakah Anda benar-benar perlu garam ekstra? Selain itu, batasi konsumsi lemak Anda dengan memilih makanan yang mengandung lemak tak jenuh daripada yang mengandung lemak jenuh. Contoh yang baik termasuk ikan berminyak, kacang, biji-bijian dan minyak sayur.
Sumber : Website MD dan berbagai sumber
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment