#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Panen Ikan pada Pertanaman Padi di Desa Bana, Bontocani Sulsel

Bone, Sulsel - Kegiatan panen ikan dalam pertanaman padi di Dusun Oro, Desa Bana, Kec. Bontocani. Kab. Bone, Sulawesi Selatan. Sabtu (20/09) kembali membuka mata petani setempat untuk meningkatkan pendapatan melalui teknologi mina padi (pembauran antara ikan dan padi). Selama ini mereka hanya melaksanakan budidaya padi sawah saja. Sedangkan dengan teknologi mina padi, hasil produksi padi dapat mencapai 7-8 ton/ha.
Selain menambah nilai ekonomis, manfaat mina padi adalah meminimalisir serangan hama seperti wereng, burung, bahkan tikus. Dengan demikian, bisa menjaga produksi padi tetap tinggi. Ketua Klp. Tani Mattola Palallo, Bahrung, menyambut baik pola sistem mina padi diwilayahnya.

Penyuluh pun merencanakan pengembangan usaha budidaya minapadi (pembauran antara ikan dan padi) di beberapa titik di wilayah Desa Bana. “Mina padi ini merupakan sinergi antara pertanian dan perikanan sekaligus mensejahterakan masyarakat petani, saya sangat mendukung jika saja di setiap titik mata air dikembangkan oleh petani, guna mengelola usaha ekonomi masyarakat setempat” kata Y.A.Yahya (Penyuluh Pertanian Desa Bana).
Panen ikan mas di lahan sawah ini dilakukan dengan tujuan memotivasi para petani untuk dapat memanfaatkan semua sumberdaya yang ada untuk diversifikasi komoditas pangan, terutama memanfaatkan sumber mata air untuk pengembangan ikan air tawar yang selama ini hanya digunakan untuk kepentingan penanaman padi saja.

Bahrung (Ketua Klp. Mattola Palallo) mengungkapkan “petani bisa memanfaatkan ikan mas yang dipelihara di sawah mereka. Karena dengan dipeliharanya ikan di tengah-tengah area tanaman padi, akan terjadi kerjasama antara ikan dan tanaman, sehingga tanpa mengurangi produksi pada saat panen padi, Petani justru mendapatkan semacam bonus dari produksi ikan yang dibudidayakan tersebut”. Momentum ini dilakukan juga sebagai wujud agar perhatian pemerintah guna mendukung kegiatan mandiri kami ini dapat dilaksanakan “kami berharap pemerintah memberikan juga perhatian lebih kepada kami, melalui bantuan bibit, pakan dan saprodi lainnya serta diharapkan adanya partisipasi dari pemerintah dalam hal ini dinas terkait untuk mengembangkan mina padi ini” ujar Bahrung.
Yusran A. Yahya
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment