#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Presiden Jokowi diminta Serius Bangun Desa dan Kedaulatan Pangan

Meniru negara maju, anggaran untuk pertanian seharusnya antara 20 sampai 40 persen APBN.
Wakil Sekjen DPP PKB Daniel Johan mengatakan pemerintahan mendatang di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo harus membangun desa untuk mewujudkan kedaulatan pangan.
PKB yang memiliki konstituen terbesar di wilayah perdesaaan merekomendasikan Jokowi-JK serius membangun sektor pertanian. Hal ini merupakan satu-satunya cara untuk mewujudkan kedaulatan pangan,” kata Daniel Johan, Sabtu (13/9/2014).
Menurut dia, basis ketahanan pangan ada di desa. Konsekuensinya, lanjut dia, pemerintahan mendatang harus berani mengalokasikan anggaran lebih besar ke sektor pertanian dan pembangunan infrastruktur desa.

“APBN harus ditingkatkan, itu konsekuensinya,” kata anggota DPR terpilih dari Dapil Kalbar itu.
Dia mengutip pernyataan pakar pertanian dari IPB, Arief Daryanto, bahwa anggaran untuk sektor pertanian saat ini terlalu kecil yakni sebesar Rp15,82 triliun atau sekitar 4 persen dari Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2015.
Kondisi itu cukup mengecewakan karena politik anggaran dalam APBN untuk pertanian kurang dari lima persen.
Semestinya, Indonesia bercermin dari negara-negara maju seperti Amerika Serikat yang anggaran untuk sektor pertaniannya mencapai 20 sampai 40 persen dari APBN.
Ketua Umum Serikat Petani Indonesia Henry Saragih menambahkan, untuk mewujudkan sektor pertanian yang mandiri di Indonesia, perlu langkah-langkah taktis yang harus ditempuh pemerintahan baru di bawah komando Jokowi-JK.
SPI, kata dia, sudah merumuskan dalam usulan program sesuai visi misi Jokowi di bidang pertanian untuk dijalankan dalam lima tahun ke depan.

Sumber : http://suara.com/news/2014/09/13/105508/pkb-minta-jokowi-serius-bangun-desa-dan-kedaulatan-pangan/ 
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment