#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Urgennya Manajemen Persiapan Pakan Sapi

DIOLUHTAN-suluhtani. Jika anda adalah seorang peternak sapi, mungkin ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Anda perlu memperhatikan bahwa sapi adalah salah satu hewan yang mudah merasa stres.
Dalam kondisi stres, produksinya akan menurun, baik dalam hal pertumbuhan berat badan atau jumlah susu yang dihasilkan. Oleh karena itu, sangat disarankan agar selalu menjaga kondisi psikologis sapi, antara lain (jika memungkinkan) dengan cara menggembalakannya agar memperoleh udara segar.
Dampak lain dari sapi yang stress adalah menurunnya tingkat kesehatan sapi, yang akhirnya juag berpengaruh pada hasil produksinya. Bisa jadi, bobot sapi yang rendah dapat merugikan anda dalam membuka penawaran harga.
Di sisi lain, makanan yang dikonsumsi oleh sapi ternak anda juga perlu diperhatikan. Jangan pernah membiarkan sapi anda mengonsumsi pakan yang berbahan dasar kimia atau sintetis. Hal ini dapat mengganggu metabolisme sapi dan mengganggu sistem pencernaannya. Oleh karena itu, pada bagian berikutnya saya akan membahas mengenai bagaimana menyiapkan pakan sapi yang alami, murah, dan sehat.
Pakan Sapi Alami
Jika anda adalah seorang yang sedang ingin membuka peternakan sapi, anda perlu memperhatikan beberapa hal. Anda perlu mencari tempat yang tepat untuk dibukakan peternakan sapi. Salah satu tempat yang paling cocok untuk beternak sapi adalah di kaki pegunungan. Pada umumnya, akan terdapat banyak sekali sumber pakan hijauan.
Oleh karenanya, kondisi ini dapat menguntungkan anda secara tidak langsung. Mengapa demikian? Merujuk pada pembahasan sebelumnya, pakan sapi alami adalah pakan yang berasal dari rumput-rumputan atau limbah pertanian seperti jerami padi. Hijauan menjadi pakan wajib bagi ternak sapi agar sistem pencernaannya siap untuk  mengkonsumsi pakan tambahan lain untuk meningkatkan produksi yaitu konsentrat.


Namun demikian, kandungan gizi jerami padi tidak cukup untuk meningkatkan produksi sesuai target yang diinginkan. Kandungan protein pada jerami padi hanya berkisar  2-3% saja. Oleh karenanya, perlu dilakukan treatment  (bisa dengan menggunakan teknologi sederhana) untuk meningkatkan kualitasnya.
Memperoleh Pakan Sapi Gratis
Mungkin strategi ini dapat anda gunakan untuk memperoleh keuntungan berlipat melalui peternakan sapi yang anda kelola. Jika anda telah berhasil menemukan tempat strategis untuk peternakan sapi, anda perlu menjalin hubungan dekat dengan para petani di sekitar peternakan anda, agar pasokan pakan hijauan lebih terjamin.
Bisa jadi, jika anda memiliki kesanggupan, anda dapat memberikan sedikit bagian dari hasil panen untuk para petani. Dengan begitu, anda juga dapat meminta bantuan dari petani sekitar agar jerami padi tidak dibuang atau dijual, akan tetapi diberikan kepada anda untuk mendukung penyediaan ternak anda.
Pada akhirnya, hal terpenting yang perlu anda ketahui adalah bahwa mempersiapkan pakan sapi yang bermutu adalah salah satu kunci keberhasilan dalam beternak sapi. 
Admin Dioluhtan
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment