#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

BPK Kahu, Laksanakan Farmers Field Day

Bone, Sulsel - Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kab. Bone melalui Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK) Kahu melaksanakan acara Farmers Field Day  yaitu Hari Lapang Petani yang merupakan pertemuan antara para petani dengan penyuluh untuk saling tukar-menukar informasi tentang teknologi yang diterapkan disertai umpan balik dari petani. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Cenrana, Kec. Kahu pada Kegiatan Peningkatan Kapasitas Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK) T.A. 2014, yang juga dihadiri POPT dan tim teknis dari Kabupaten, Senin (1/9) kemarin.

Dalam sambutannya Kepala Bidang Ketenagaan Penyuluh (Saharuddin, SP) sebagai tim teknis BP4K Kab. Bone mengatakan bahwa dengan diadakannya Hari Temu Lapang Petani ini, petani dapat mengungkapkan permasalahan yang mereka hadapi dan dipecahkan bersama sehingga kedepannya nanti akan dapat dilaksanakan suatu kegiatan untuk dapat menghasilkan produksi yang lebih tinggi. 
Saharuddin berharap agar petani lebih berperan aktif didalam kelompok sehingga kelompok tani akan lebih maju lagi. Beliau juga mengatakan dengan berkelompok petani akan lebih mudah mendapatkan informasi dan bantuan. Anggota kelompok dapat menyampaikan permasalahannya kepada pengurus kelompok, pengurus kelompok menghubungi penyuluh sehingga permasalahan dapat segera dipecahkan. 
Dalam acara tersebut Kepala BPK Kahu, Kamaruddin, SP juga menyampaikan bahwa petani harus mulai memperhatikan cara penerapan teknologi seperti tehnis pemupukan, pengendalian hama terpadu, panen dan pasca panen serta teknologi-tehnologi lainnya seperti pembuatan pupuk organik dan sebagainya

Pada acara hari temu lapang petani ini juga dilakukan diskusi antara petani, tim teknis kabupaten, POPT dan para penyuluh tentang permasalahan yang dihadapi mereka selama melakukan kegiatan usaha tani seperti masalah hama/penyakit seperti blast, tikus dll, masalah pemupukan, masalah benih dan masalah-masalah pertanaman padi lainnya. 
Yusran A. Yahya 
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment