#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Pembuatan Kolam Demplot Ikan BPK Kahu, Kab. Bone

Bone, Sulsel - Pembangunan kolam ikan air tawar di halaman kantor Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK) Kahu, Kab. Bone, Sulsel sepanjang 5 meter dan lebar 2 meter dengan kedalaman 1 meter mulai dibuat dengan dana swadaya BPK Kahu.
Hal ini diungkapkan Kepala BPK Kahu, Kamaruddin, SP, ketika ditemui kru Tribun Bone. Beliau mengungkapkan kegiatan demplot ikan merupakan program yang dirancang khusus oleh para penyuluh-penyuluh lingkup BPK Kahu. Ia berharap dengan demplot ini bisa menambah gairah penyuluh dalam memberikan pelayanan kepada petani berupa pengetahuan dan keterampilan berbudidaya ikan air tawar, begitu pula masyarakat petani yang ingin berkonsultasi kepada penyuluh mengenai budidaya ikan ini.

Pembangunan kolam ikan ini merupakan satu hal yang sangat vital dalam budidaya ikan. Konstruksi kolam yang akan digunakan untuk budidaya sangat dipengaruhi oleh pemilihan lokasi yang tepat. Untuk membuat kolam maka tanah yang akan dijadikan kolam harus mampu menyimpan air atau kedap air sehingga kolam yang akan di buat tidak bocor. Bentuk kolam yang akan digunakan untuk membudidayakan ikan ada beberapa macam antara lain adalah kolam berbentuk segi empat/empat persegipanjang, berbentuk bujur sangkar, berbentuk lingkaran atau berbentuk segitiga. “Kebetulan, kolam yang akan kami buat ini berbentuk persegi panjang” ujarnya Kamaruddin dengan gaya seorang penyuluh kawakan.
Beliau juga menekankan, hasil pembangunan kolam ikan yang sementara dilaksanakan ini agar senantiasa dipelihara supaya dapat dirasakan manfaatnya dalam jangka waktu lama.

BPK Kahu mempunyai 20 wilayah binaan penyuluhan, dengan personil masing-masing 2 (Dua) orang berstatus PNS dan 11 (orang) yang berstatus tenaga harian (THL-TBPP). 
Yusran A. Yahya
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment