Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Kunjungan Lapang Petani-Peternak se-Desa Mattampapole, Mallawa-Maros di Klp. Tani Berkah, Masago-Bone

DIOLUHTAN-suluhtani. Sulsel.. Kelompok Tani-Ternak “Berkah” Desa Masago, Kec. Patimpeng, Kabupaten Bone, Sulsel menerima kunjungan dari petani/kelompok tani se-Desa Mattampapole, Kec. Mallawa, Kab. Maros. Kamis, (09/08/2018). Sebanyak 25 orang petani yang ikut dalam kunjungan ini didampingi Kepala Desa beserta aparat dan Mahasiswa KKN Unhas.
Sambutan Penerimaan oleh Penyuluh Pertanian (THL-TB) Desa Masago, Andi Elya Azis, SPt

Kegiatan kunjungan ini merupakan media bagi para petani untuk menggali lebih banyak informasi dan ilmu mengenai budidaya ternak sapi khususnya manajemen pemeliharaan, pakan, reproduksi dan limbah peternakan. Oleh karena itu, Penyuluh Pertanian Desa Masago dan Penyuluh Peternakan Kec. Patimpeng bersama Kepala Desa Mattampapole, Kab. Maros mengharapkan agar para petani benar-benar memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.
Kunjungan petani se-Desa Mattampapole, Kecamatan Mallawa, Kab. Maros ini dalam rangka pelatihan/peningkatan kapasitas petani-ternak yang dananya bersumber dari ADD Mattampapole.
Begitu rombongan tiba, langsung diajak berkeliling oleh Andi Baso (Pengelola Kandang Kolektif Kl. Berkah, Masago), Yusran A. Yahya (Penyuluh Peternakan Kecamatan) dan Andi Elya, SPt (Penyuluh Desa Masago), mulai dari kandang sapi, tempat pengolahan limbah pertanian sebagai pakan, pencacahan rumput sebagai pakan hijauan, rumah kompos dan pupuk bokhasi serta tempat-tempat lainnya di sekitar kandang kolektif kelompok.
Saat berada di Instalasi Biogas Klp. Tani Berkah





Petani Desa Mattampapole-Maros melihat Demonstrasi Pengolahan Limbah Pertanian Batang Pisang sebagai Pakan

Andi Elya berharap kunjungan ini, memberikan stimulant bagi petani-peternak. para petani diharapkan mampu membandingkan pola pemeliharaan dikandangkan (intensif) dan pemeliharaan semi intensif yaitu ternak di ikat di padang penggembalaan kemudian malam dikandangkan.



Petani Desa Mattampapole-Maros dibimbing manajemen pemeliharaan, kesehatan ternak, cara menentukan umur sapi dan manajemen reproduksi ternak oleh penyuluh pendamping Klp. Tani Berkah

Menurut Kepala Desa Mattampapole-Mallawa, Andi Kadaruddin bahwa kunjungan mereka adalah untuk belajar dan melihat secara langsung manajemen budidaya dan teknologi ternak (pengolahan limbah pertanian sebagai pakan, biogas dan inseminasi buatan) di kelompok tani “berkah” yang terkenal menghasilkan sapi bermutu dan terbaik. Harapannya, agar menjadi referensi bagi para petani se-Desa Mattampapole dalam berusaha tani ternak serta meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang secara tidak langsung meningkatkan kesejahterahan masyarakat Kecamatan Mallawa, Maros khususnya Desa Mattampapole. “Para petani melihat langsung proses dan seluk-beluk manajemen perkandangan, pola pemberian pakan, manajemen kesehatan ternak, produksi ternak, manajemen HMT dan reproduksi (inseminasi buatan), pengolahan limbah pertanian menjadi pakan sapi, pemanfaatan feses sapi untuk biogas dan pupuk bokhasi dan sebagainya” ungkap Kadaruddin didampingi Sekdes, Anwar, S.Sos.

Berita Terkait :
2. Petani se-Desa Gantarang-Sinjai Tengah, Studi Banding ke Patimpeng-Bone

Dengan adanya kunjungan lapang peningkatan kapasitas petani se-Desa Mattampapole, Kab. Maros di Kelompok Tani-Ternak Berkah, Desa Masago, Kabupaten Bone tersebut, tentunya menjadi pengalaman menarik bagi para petani Desa Mattampapole agar dapat menerapkan hasil kunjungan lapangan sesuai dengan kemampuan masing-masing
Akhirnya, saat melepas rombongan petani se-Desa Mattampa Pole, Maros, Yusran A. Yahya juga mengungkapkan rasa senangnya karena telah beberapa kali dikunjungi oleh beberapa kelompok tani, instansi, lembaga dan akademi. “Mudah-mudahan menjadi berkah tersendiri bagi Desa Masago khususnya bagi Kelompok tani yang kebetulan bernama Berkah” ungkap Yusran.
Turut hadir dalam kegiatan kunjungan lapang peningkatan kapasitas petani se-Desa Mattampapole, Maros ini yaitu Mahasiswa Universitas Hasanuddin yang kebetulan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Matttampapole diantaranya Rayim S (Kordes Mattampapole), Esy Safitry dan Rukmawaty. Hadir pula Caleg Gerindra Kab. Bone, Ayustrina yang setia mendampingi Klp. Tani Berkah dalam “melayani” tamu dari Kabupaten Maros sampai kegiatan kunjungan lapangan usai.


Penulis : Andi Elya Azis (THL-TBPP Sulawesi Selatan)
Editor : Yusran A. Yahya (Penyuluh Pertanian Sulsel)



Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment