#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Pameran Inovasi Olahan Hasil Ternak Binaan Dinas Peternakan Kab. Bone

DIOLUHTAN-suluhtani. Sulsel. Pembangunan Sektor Peternakan di Kabupaten Bone  tidak hanya dilakukan pada tingkat Hulu (on farm). Pembinaan dilakukan secara menyeluruh dari hulu sampai hilir. Mulai dari budidaya, pengolahan hasil, promosi dan pemasaran.
Senada dengan hal tersebut, berbagai produk olahan hasil peternakan menyemarakkan kegiatan Pasar Hewan Kurban yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Peternakan. Kegiatan yang menampilkan produk olahan hasil ini merupakan rangkaian kegiatan yang bertajuk Pasar Hewan Kurban dan Pameran Hasil Peternakan.

Stand Pameran Hasil Peternakan yang menampilkan Produk Olahan Hasil dari Kelompok Tani se- Kabupaten Bone

Dalam pameran hasil peternakan yang berlokasi di areal Terminal Petta Ponggawae, Watampone ini, Dinas Peternakan menawarkan produk-produk olahan hasil dari kelompok tani-ternak binaan Dinas Peternakan yang ada di Kabupaten Bone. Kepala Dinas Peternakan Kab. Bone, drh. H. Aris Handono menyatakan bahwa hasil olahan abon, telur asin ordinary, chicken nugget dan telur asin asap sudah menjadi ciri khas binaan Dinas Peternakan.  “Kami rutin melakukan pembinaan ke kelompok tani, selain pemberdayaan kelompok dan peternak, juga untuk peningkatan kesejahterahan masyarakat, apalagi yang berskala rumah tangga seperti pembuatan telur asin dan abon” ungkapnya.
Berita Terkait :

Selama 6 (enam) hari mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 15 Agustus 2108, produk kuliner olahan peternakan sudah banyak yang terjual. Harga yang terjangkau serta cita rasa yang tidak jauh dari supermarket membuat para pengunjung datang untuk membeli produk-produk tersebut.

Beberapa mahasiswa UIN Alauddin, Makassar yang berpartisipasi dalam promosi dan pemasaran produk olahan hasil peternakan

Dalam kegiatan pasar hewan kurban dan pameran hasil peternakan menjadi kesempatan “emas” bagi mahasiswa peternakan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar yang melakukan praktek magang di Dinas Peternakan Kab. Bone. Stand pameran ini sebagian digawangi oleh mahasiswa. “Selain itu pelayanan tambahan dari mahasiswa UIN Alauddin juga menjadi nilai plus. Mereka bisa menimba ilmu mulai dari pengolahan hasil, promosi dan pemasaran hasil peternakan” tutur Ir. Darmawaty, Kepala Bidang Pengembahangan Usaha dan Penyuluhan, Dinas Peternakan Kab. Bone.
Pasar Hewan Qurban dan Pameran Hasil Peternakan ini akan berlangsung mulai Tanggal 10 Agustus s/d 15 Agustus 2018 dan kegiatan ini akan dijadikan agenda rutin yang akan dilaksanakan Pemkab Bone setiap tahunnya.
Penulis : Yusran A. Yahya
Editor : Redaksi Suluhtani.com





Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment