#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Penyuluh Bone Himbau Warga Beli Hewan Kurban di Pasar Hewan

 Dinas Peternakan Kab. Bone menggelar Pasar Hewan Qurban dan Pameran Hasil Peternakan (dok : disnakbone)

DIOLUHTAN-suluhtani. Sulsel. Masyarakat Kabupaten Bone-Sulsel diimbau untuk membeli hewan kurban di pasar hewan menjelang Hari Raya Idul Adha. Hal tersebut bertujuan, untuk meminimalisir pembelian berisiko jika hewan dibeli dari luar pasar hewan. Pasalnya, dikhawatirkan hewan yang diperjualbelikan di luar pasar hewan tidak melewati tahap pemeriksaan yang dianjurkan.
Penyuluh Pertanian Dinas Peternakan Kab. Bone, Yusran A. Yahya, SPt, MSi mengungkapkan, menjelang Idul adha, depot hewan kurban memang bermunculan di banyak tempat, bahkan masyarakat bisa membeli langsung ke peternak itu sendiri. Hal itu, memungkinkan masyarakat untuk membeli hewan di lokasi yang lebih dekat dengan mereka. ”Tapi, sebaiknya pembelian hewan kurban tetap difokuskan di pasar hewan saja. Karena, dari hulu ke hilir pemeriksaan ternak sampai penjualan ternak sudah jelas dan ditangani oleh petugas yang berkompeten yaitu paramedik vateriner dan dokter hewan,” kata Yusran (Selasa, 07/08/2018).
Penyuluh Pertanian Dinas Peternakan Kab. Bone, Yusran A. Yahya (kanan) bersama Ternak Sapi dan Peternak asal Kecamatan Patimpeng, Kab. Bone, Sulsel beberapa waktu lalu

Yusran hanya ingin kenyamanan para konsumen untuk berkurban lebih terjamin. Pasalnya, pemeriksaan di pasar hewan tergolong rutin dan terstruktur setiap kali hewan akan diperjualbelikan.
Sementara hewan yang diperjualbelikan di depot, belum tentu terjamin dari segi kesehatan hewan itu sendiri. Terkecuali, hewan tersebut merupakan ternak yang dibeli dari pasar hewan dan dijual kembali melalui depot. Yandri dapat menjamin kualitasnya, meski telah berada di depot hewan kurban.
Pria berkacamata ini menambahkan bahwa, kalaupun tetap membeli di pada peternak atau depot-depot terdekat, Dia mengharapkan ketelitian masyarakat sebelum membeli hewan kurban. Hal tersebut, menurut beliau dapat memberi jaminan lebih kepada konsumen yang hendak membeli hewan di depot atau langsung ke peternak. Namun, jika masyarakat masih ragu membeli hewan di luar, maka ia kembali menekankan untuk membeli hewan kurban di pasar hewan.

Estimasi Bobot dan Ciri Hewan Qurban yang Layak (dok : disnakbone)
Menurut Yusran, selain asal usul hewan yang jelas, penjualan di pasar hewan pun menawarkan lebih banyak pilihan dengan harga yang kompetitif. Konsumen pun berkesempatan untuk mendapatkan hewan dengan kualitas yang terjamin.
Pasar hewan Qurban yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan Kab. Bone ini bertempat di Lapangan Terminal Petta Ponggawae, Kabupaten Bone dan berlangsung mulai tanggal 10 s/d 15 Agustus 2018. Selain itu dilaksanakan pula Pameran Hasil Peternakan yang menampilkan produk-produk hasil peternakan dari kelompok tani-ternak binaan Dinas Peternakan yang ada di Kabupaten Bone.
Penulis : Andi Elya Azis (THL-TBPP Sulsel)
Editor : Y.A. Yahya (Penyuluh Pertanian Sulsel)


Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment