Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Di Balik Ibadah Kurban Idul Adha, Ada Manfaat Ekonomi bagi Umat.


DIOLUHTAN-suluhtani. Bekurban kambing/domba dan sapi pada setiap Idul Adha bukan semata-mata ibadah bagi umat islam. Di dalam perayaan ini juga ada upaya menggerakkan perekonomian masyarakat secara nyata. Menurut data Badan Amil Zakat Nasional, tradisi kurban mampu memiliki perputaran dana hingga Rp 69,9 triliun. Adanya perayaan kurban juga memiliki berbagai dampak positif. Seperti mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat, meningkatkan ketahanan pangan dan permintaan hewan ternak.
Di balik Ibadah Kurban Idul Adha ada Sejumlah Manfaat Ekonomi bagi Umat

Kementerian Pertanian telah memprediksi bahwa tahun ini akan ada peningkatan permintaan hewan ternak sebesar 5% dari tahun lalu atau sekitar 1,5 juta ekor. Secara detailnya, total kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha tahun ini mencakup 462 ribu ekor sapi, 10.344 ekor kerbau, 793 ribu ekor kambing dan 238 ribu ekor domba. Ketua Umum Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) Teguh Boediyana juga menyatakan bahwa meningkatkan permintaan hewan ternak pada Idul Adha berpotensi mengalami kenaikan harga hingga 20%.
Sumber : Widya Nandini (katadata.co.id)

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment