Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Peternak di 7 (Tujuh) Kecamatan di Bone, Antusias Menyimak Sosialisasi AUTS

DIOLUHTAN-suluhtani. Sulsel. Dinas Peternakan Kabupaten Bone menggelar kegiatan Sosialisasi Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS) di Desa Abbumpungeng, Kec. Kajuara, Kabupaten Bone, Sulsel (Selasa, 28/08/2018). Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh perwakilan peternak di tiap desa yang berada di 7 (tujuh) kecamatan yaitu Kecamatan Kajuara, Mare, Salomekko, Tonra, Libureng, Patimpeng dan Kecamatan Kahu.
Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Peternakan Kab. Bone, drh. H. Aris Handono. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Ir. Hj. Fadriani, Kabid  Prasarana dan Sarana Peternakan Disnak Bone, para Pimpinan Pertanian Kecamatan (PPK) Peternakan dan Kepala Desa di masing-masing 7 (tujuh) kecamatan, Penyuluh Pertanian Disnak Bone, dan pihak PT. Asuransi Jasindo.
Astrid Pratiwi S (kanan) perwakilan PT. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) 

Ir. Hj. Fadriani (Kabid Prasarana dan Sarana Peternakan, Disnak Bone)

Abrahan, SST, MSi (Penyuluh Pertanian Disnak Bone)

Para peternak yang sebagian adalah ketua kelompok tani yang beberapa didampingi oleh Kepala Desa yang bersangkutan, begitu antusias mengikuti dan mendengarkan sosialisasi yang disampaikan oleh pihak Dinas Peternakan diantaranya Ir. Hj. Fadriani, dan Penyuluh, Abrahan, SST serta perwakilan Jasindo yaitu Astrid Pratiwi dan Rivandi Tawainella tentang Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau diantaranya tentang dasar pelaksanaan, tujuan AUTS, manfaat, resiko yang dijamin dan tidak dijamin AUTS, kriteria dan syarat AUTS, mekanisme pendaftaran, mekanisme klaim asuransi, model polis AUTS sampai perihal penyerahan pembayaran klaim asuransi.


Kadis Peternakan Kab. Bone, drh. H. Aris Handono saat memberikan sambutan dan arahan dalam kegiatan Sosialisasi AUTS di Abbumpungeng, Kec. Kajuara

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bone, drh. . Aris Handono dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa para peternak yang mengikuti sosialisasi ini akan mendapatkan informasi tentang asuransi ternak dari para narasumber yakni materi mengenai tata cara klaim, mempersiapkan data untuk klaim, dan berbagai masalah lain yang mungkin akan timbul di lapangan dalam budidaya ternak sapi. “Usaha peternakan memilki karakteristik resiko yang dapat terjadi sewaktu-waktu dan dapat mempengaruhi kemampuan finasial peternak yaitu dengan kehilangan dan kematian sapi yang disebabkan karena melahirkan, penyakit, kecelakaan, hilang dan bencana alam” ungkap Aris.
Suasana diskusi dan tanya jawab pun sangat alot dengan semangat membangun peternakan di kabupaten Bone. Para peternak sangat ingin mengetahui bagaimana mekanisme persyaratan, proses dan keuntungan yang diperoleh peternak.
Para Peternak, PPK Peternakan, Penyuluh Pertanian, para Kepala Desa, Perwakilan PT. Asuransi Jasindo dan Dinas Peternakan Kab. Bone menyempatkan Foto Bersama di akhir kegiatan Sosialisasi AUTS
Source : Y.A.Yahya

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment