#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Pemkab Bone Gelar Pasar Hewan Qurban dan Pameran Hasil Peternakan

Pasar Hewan Qurban dan Pameran Hasil Peternakan (dok : disnakbone)

DIOLUHTAN-suluhtani. Sulsel. Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Peternakan Kab. Bone akan menggelar kegiatan Pasar Hewan Qurban yang bertempat di Lapangan Terminal Petta Ponggawae, Kabupaten Bone.
Selain kegiatan pasar hewan qurban, Dinas Peternakan juga menyelenggarakan Pameran Hasil Peternakan yang menampilkan produk-produk hasil peternakan dari kelompok tani-ternak binaan Dinas Peternakan yang ada di Kabupaten Bone. 
Dinas Peternakan Bone bekerjasama dan memfasilitasi beberapa pedagang ternak, kelompok tani peternak dan masyarakat peternak dari 27 Kecamatan yang ada di Kab. Bone yang ingin menjual ternak hewan mereka yang sudah layak kurban pada saat Hari raya Idul Adha 1439 H.
Pasar hewan Qurban yang di inisiasi oleh Dinas Peternakan Kab. Bone dilaksanakan juga untuk memudahkan masyarakat yang ingin berkurban, dan memberikan jaminan kepada masyarakat mengenai kesehatan serta syarat yang dipenuhi supaya ternak tersebut layak dan sehat untuk dijadikan hewan kurban dengan pengawasan paramedik dan dokter hewan Dinas Peternakan Kab. Bone.
Pemeriksaan Hewan Qurban
Kepala Dinas Peternakan Kab. Bone, drh. H. Aris Handono mengatakan bahwa kegiatan pasar hewan kurban ini untuk memberikan kenyamanan para konsumen untuk berkurban lebih terjamin. Pasalnya, dalam pasar hewan ini dilakukan pemeriksaan rutin dan terstruktur setiap hewan akan diperjualbelikan untuk diqurbankan. ”Biasanya untuk sapi-sapi yang dikumpul dari 27 kecamatan, pemeriksaan itu perlu dilakukan, mengingat jenis tersebut paling banyak peminatnya selain kambing,” kata Aris Handono (Senin, 06/08/2018) di Kantor Dinas Peternakan, Watampone.

Estimasi Bobot dan Ciri Hewan Qurban yang Layak (Dok : disnakbone)

Lebih lanjut, Kadisnak memaparkan bahwa pendataan dan pemeriksaan akan dilakukan secara marathon hingga hewan siap dijual dan dikurbankan. Beliau juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini, masyarakat akan mendapatkan berbagai macam harga ternak sapi tergantung dari berat dan jenisnya. “Harga sapi mulai dari Rp. 8.000.000 (Delapan Juta Rupiah) Sampai dengan Rp. 70.000.000 (Tujuh Puluh Juta Rupiah)  dengan berat badan yang sudah di timbang dan nilai karkas yang sudah terhitung. Masyarakat bisa mendapatkan informasi lebih Rinci tentang ternak sapi yang akan dijual tersebut” papar drh. Aris.
SPG Pasar Hewan
Tidak hanya perusahaan rokok, obat dan kosmetik atau otomotif saja yang menggunakan jasa Sales Promotion Girl (SPG) untuk menjual produk, pasar hewan kurban Kab.Bone juga menggunakan jasa mereka untuk mempromosikan dagangan.  
Hal inu diungkapkan Kadis Peternakan Kab. Bone bahwa dalam kegiatan pasar hewan nantinya akan dilengkapi dengan SPG untuk mempromosikan sapi kurban yang akan dijual nantinya. “SPG yang berjaga di pasar Hewan Qurban itu dibekali dengan pengetahuan tentang jenis-jenis sapi dan kondisi fisik sapi supaya bisa menyampaikan informasi itu kepada para pembeli” sebutnya. 
Salahsatu Penyuluh Pertanian Dinas Peternakan Kab. Bone, Yusran A. Yahya mengaku salut atas ide Kadis Peternakan mengenai pasar hewan yang sudah pernah dilakukan dan para SPG yang dipekerjakan pada pasar hewan kurban. Yusran berharap SPG terbiasa dan tidak merasa terganggu dengan bau kotoran sapi dan tidak merasa takut berdekatan sapi. “Kalau di Eropa dan Amerika koboi-koboi wanita itu sudah biasa, kalau di sini kan masih jarang," kata Yusran.

Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman saat meninjau dan melihat performance Sapi Bone beberapa waktu lalu
Mudah-mudah dengan adanya SPG dalam mempromosikan hewan kurban dagangannya, menambah minat masyarakat untuk datang dalam pasar hewan dan melihat pameran hasil peternakan hasil karya petani-peternak. “Apalagi ternak kurban ini didatangkan dari beberapa kecamatan di Bone dan rata-rata merupakan unggulan, sehingga mutu dan kualitas hewan kurban dapat terjamin" tutup Aris Handono
Pasar Hewan Qurban dan Pameran Hasil Peternakan ini akan berlangsung mulai Tanggal 10 Agustus s/d 15 Agustus 2018 dan kegiatan ini akan dijadikan agenda rutin yang akan dilaksanakan Pemkab Bone setiap tahunnya.

Artikel Terkait : Penyuluh Bone Himbau Warga Beli Hewan Kurban di Pasar Hewan 

Penulis : Y.A. Yahya (Penyuluh Pertanian Sulsel)
Editor : Andi Elya Azis (THL-TBPP Sulsel)

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment