#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Caleg Muda Masago Dampingi Klp. Tani “Layani Tamu” Peternak Maros untuk Studi Banding


DIOLUHTAN-suluhtani. Kontestasi politik pada Pemilu legislatif tahun 2019 diwarnai dengan banyaknya calon legislator muda dari sejumlah partai politik. Namun demikian, masyarakat berharap agar pertarungan untuk memperoleh dukungan masyarakat dalam pilleg 2019 dapat berlangsung secara sehat, tidak saling menyerang apalagi menyebarkan fitnah untuk menjatuhkan kredibilitas pihak lain walaupun situasi pertarungan antar calon yang ikut kontestasi pemilu legislatif tersebut demikian ketat.
Masyarakat berharap kepada para caleg untuk bersaing sehat dan tidak menyebarkan fitnah untuk menjatuhkan pihak lain tetapi masing-masing berbuatlah untuk meyakinkan masyarakat bahwa dirinya layak menjadi wakil mereka.
Seperti yang dilakukan calon legislator muda asal Desa Masago, Kecamatan Patimpeng, Kab. Bone, Ayustrina Syahrudin turut mendampingi para peternak yang tergabung dalam kelompok tani “Berkah” menerima kedatangan para peternak se-Desa Mattampapole, Kec. Mallawa, Kab. Maros yang melakukan studi banding dan kunjungan lapang peternak dalam rangka pelatihan/peningkatan kapasitas petani-ternak yang dananya bersumber dari ADD Mattampapole Kab. Maros.



Ayustrina Syahrudin (Hijab kuning/tengah) mendampingi peternak Masago saat demonstrasi cara (demcar) pengolahan limbah batang pisang sebagai pakan sapi di Desa Masago-Patimpeng (Kamis, 09/08/2018)

Dijelaskan Ayustrina yang berasal dari partai Gerindra, bahwa dirinya mendampingi peternak “berkah” bukan hanya bentuk kepedulian terhadap peternak, khususnya di Desa Masago, akan tetapi dirinya memang sudah terbiasa dengan lika-liku nuansa peternakan. “Bukan saat ini saja, saya mendampingi peternak Desa Masago dalam menerima dan melayani “tamu” dari luar yang akan mengadakan studi banding, kunjungan lapang, praktek kerja dan praktek lapang. Bahkan setiap peternak di Kec Patimpeng, khususnya Desa Masago yang mengikuti lomba/kontes ternak, saya selalu mendampingi dan membantu mereka” ungkap Ayu sapaan akrabnya (Kamis, 09/08/2018).
Ayu bahkan pernah mendampingi peternak kelompok tani “Berkah” mengikuti kontes ternak tingkat Sulselbar dimana kontingen Kabupaten Bone meraih juara umum, 3 (tiga) sapi milik peternak Desa Masago meraih juara. "Peternakan merupakan tulang punggung masyarakat Desa Masago, maka dari itu, nantinya saya menginginkan tata kelola kebijakan wakil rakyat kedepan haruslah berpijak pada problem masyarakat itu sendiri dan peternakan, perkebunan dan pertanian adalah sektor yang sangat penting untuk terus diwujudkan," ungkapnya.

Berita Terkait :

Dijelaskan Ayu, program pertanian termasuk peternakan merupakan langkah penting untuk mewujudkan kedaulatan dan kemandirian pangan. Salah satunya dengan memberikan subsidi dan alsintan yang modern kepada petani, maka ini harus terus menjadi perhatian kita.

Suasana "Demcar" Fermentasi Limbah Batang Pisang menjadi Pakan Sapi
Sekedar diketahui, bahwa tingginya perhatian Ayustrina terhadap peternakan, karena selain punya keluarga yang berlatar belakang peternak, Ayu juga pernah menjadi peserta Diklat Tematik Budidaya Peternakan yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Peternakan (BPPP) Kupang, Nusa Tenggara Timur sehingga kapasitas Ayu dibidang peternakan sudah tidak disangsikan lagi. Aysutrina berada pada daerah pemilihan (Dapil) 3 meliputi Kecamatan Salomekkko, Kajuara, Bontocani, Patimpeng, Kahu dan Libureng.
Sementara, Andi Baso, pengelola kandang kolektif Kelompok Tani “Berkah”, menjelaskan sejak sebelum maju sebagai caleg, Ayu sudah sering mendampingi kami bahkan saat kontes ternak di Tanete, Kab. Bulukumba beliau juga ikut mendampingi dan memikirkan kami. Apalagi setelah maju menjadi caleg, Ayu sudah berkomitmen memajukan petani dan peternak di Kabupaten Bone. “Metode caleg yang turun kebawah untuk menyerap aspirasi petani, patut di contoh oleh caleg lainnya yang ingin jadi wakil rakyat," ujar Baso.
Baso berharap dan mengajak petani lainnya untuk tidak memilih Caleg yang menggunakan cara kotor seperti politik uang atau money politics dan hanya mengumbar janji. Sebab, wakil rakyat merupakan orang yang menentukan nasib rakyat lima tahun kedepan. "Ke depan jika berharap kebijakan pembangunan pertanian khususnya peternakan dan perkebunan merupakan hal yang sangat penting. Penyediaan alat mesin pertanian ini akan sangat membantu petani dan kedepan bisa meningkatkan kesejahteran petani," harapnya didampingi Penyuluh Pertanian Desa Masago.
Penulis : Andi Elya Azis
Editor : Yusran A. Yahya

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment