Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Menyembelih Kambing agar Aroma Dagingnya tidak Bau, berikut Metodenya

DIOLUHTAN-suluhtani. Daging kambing baik dari hasil kurban atau kita beli sendiri dari pasar sering kali mengeluarkan aroma bau khas daging kambing, untuk itu Dioluhtan akan membahas teknik menyembelih kambing agar dagingnya tidak bau.
Karena orang banyak yang tidak suka dengan daging kambing ataupun domba, bukan tidak doyan tapi karena aroma yang tidak sedap sangat mengganggu selera. 

Tidak semua daging kambing beraroma bau, ada juga daging kambing yang tidak tercium aroma baunya. Ternyata rahasianya salah satunya ada pada penyembelih atau penjagal atau algojonya. Dari sharing pengalaman para algojo kurban ada teknik tersendiri dalam menyembelih kambing agar dagingnya tidak bau.
Jadi tata cara penyembelihan kambing atau domba baik untuk tujuan kurban atau aqiqah, selain diperlukan pisau yang tajam, dalam penyembelihan dengan tujuan tidak ada penganiayaan terhadap hewan. Juga untuk kambing atau domba ada rahasia penyembelihan kambing untuk mencegah aroma bau pada daging kambing.
Sebagai mana kita ketahui bau pada daging kambing adalah bau yang berasal dari badan kambing/domba hidup. Aroma bau khas ini daerah atau negara mana pun baunya sama. Kalau salah dalam metode penyembelihan kambing/domba, maka bau tersebut akan terbawa pada daging. Apa lagi kambing kacang (lokal), khas sangat bau karena salah satunya yaitu jarang dimandikan. Berbeda dengan domba adu  di jawa, misal domba garut yang biasa aromanya di konteskan, baunya tidak terlalu karena sering dimandikan. Ada juga yang juara kontes dengan harga ratusan juta sering di creambath. Jadi bau pada daging domba/kambing adalah akibat dari pembawaan domba/kambing sendiri bukan bau berasal dari penyembelih/penjagal.
Selain harus memenuhi syarat dan rukun perlu juga diperhatikan orang yang akan menyembelih supaya daging kambing/domba kuraban tidak bau Biasanya tukang sembelih yang hasil dagingnya tidak bau suka kebanjiran order pada saat musim kurban atau akikah. 

Berikut metode atau trik menyembelih kambing/domba agar dagingnya  tidak bau.
Gunakan pisau khusus untuk peyembelih atau untuk daging, pisau tersebut tidak boleh digunakan untuk keperluan lain  selain memotong daging.
Sebelum penyembelihan, pisau atau parang dicuci dan dibesihkan dari karat yang menempel
Memegang pisau mengarah turun dengan gagang diatas dipegang tangan kanan
Penyembelih posisinya di belakang kambing (punuk)
Tangan kiri memegang rahang bawah atau leher dekat pipi kambing
Kaki kiri di depan kaki kanan di belakang (kuda-kuda)
Lutut kiri penyembelih di atas leher
Ketika tangan kiri memegang rahang bagian bawah ikuti atau barengkan napas penyembelih dengan napas kambing maksudnya ketika kambing menarik napas penyembelih menarik napas napas begitu pula kebalikannya
Pada saat kambing mengeluarkan napas di situlah pisau mulai memotong leher kambing, jangan mulai memotong pada saat kambing menarik napas.
Pada saat memotong penyembelih harus tahan napas artinya ketika pisau masih menempel dileher penyembelih tidak boleh bernapas.(jadi secara tidak langsung penyembelih tidak boleh sakit asma, lebih-lebih TBC)
Kunci utama supaya daging kambing tidak bau adalah pada saat memotong yaitu napas kambing pada saat keluar disitulah pisau pulai memotong jalan napas yang ada dileher kambing/domba.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tata cara menyembelih menurut syariat yaitu (a) Menghadapkan kepala hewan qurban kearah kiblat; (b) Membaca “Basmallah; (c) Membaca Shalawat atas Nabi; (d) Membaca takbir (Allahu Akbar); dan (e) Berdo’a:”Ya Allah, ini perbuatan dari perintahMu saya kerjakan karenaMu, terimalah olehMu amalku ini”.
Kemudian untuk Teknis penyembelihannya yaitu Dilakukan diatas lubang penampungan darah, dan diusahakan agar darah seluruhnya tertampung dalam lubang, Tata cara penyembelihan sesuai dengan syari’at agama islam, dan Sebaiknya pemotong hewan adalah mereka yang terbiasa terlatih, harus bersih, sehat dan bebas dari penyakit kulit dan penyakit menular.
Penirisan dan Pengulitan dilakukan dengan menggantung hewan domba/kambing yang telah disembelih (lihat gambar), disamping itu juga untuk mengeluarkan isi perut dan jeroan. Dengan menggunakan tatakan kayu, kambing yang telah disembelih ditelentangkan diatas tatakan, baru dikuliti.
Pemeriksaan daging dan organ-organ sangat perlu karena apabila terdapat daging/organ-organ yang tidak sehat, tidak aman, tidak segar atau tidak layak untuk dimakan, harus diafkir dan dimusnahkan.
Penanganan daging dan organ-organ, dikenal istilah Debonning (pemisahan daging dan tulang) sebaiknya menggunakan meja potongan atau dapat pula dilakukan tetap dalam keadan tergantung atau ditempat teduh yang dialasi plastik bersih dan dipotong-potong sesuai dengan yang diinginkan. Daging segera dibungkus dengan plastik bersih dan tidak dicampur dengan jeroan atau organ-organ lain. Jeroan dan organ-organ lain dipotong pada tempat yang terpisah dengan tempat pemotongan daging dan segera dibungkus. Daging dan organ-organ lain segera dibagikan dalam keadaan terbungkus rapi.

Demikian tips dan trik dari kami, semoga bermanfaat bila diantara para pembaca sekalian ada yang akan berkurban domba/kambing atau menjadi panitia kurban yang bertugas mendistribusikan daging serta bertugas menjadi penyembelih/algojo. 
Apabila punya pengalaman dalam cara memotong kambing/domba agar dagingnya tidak beraroma bau, anda bisa menambahkan pengalaman anda dengan menuliskannya di kolom komentar.
Yusran A. Yahya, dari berbagai sumber dan pengalaman
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment