#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Bupati Bone : Demi Kelestarian Populasi Sapi Di Kab. Bone, Jaga Sapi Betina Produktif


DIOLUHTAN. Sulsel. Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Peternakan (Disnak) Kab. Bone menyiapkan sekitar lebih 6 ribu ekor sapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sulsel maupun daerah lain yang ingin berqurban.
Dinas Peternakan menjamin ketersediaan stok sapi yang akan diqurbankan untuk memenuhi permintaan menjelang Hari Raya Idul Adha. Diprediksi jumlah yang akan terpotong untuk tahun ini, tidak akan jauh berbeda dengan kebutuhan hewan qurban tahun 2014 lalu, yakni sekitar 6 ribu ekor. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Peternakan Kab. Bone, drh. Aris Handono saat memaparkan laporan kegiatan Temu Wicara dan Pelepasan Hewan Ternak Sapi Kurban Ke Luar Daerah di Desa Masago, Kec. Patimpeng Kab. Bone (Senin, 31/08/2015) sore. 
Bupati Bone, Andi Fahsar M. Padjalangi saat pelepasan 200 ekor ternak sapi ke Kalimantan

Bupati Bone, Andi Fahsar M. Padjalangi dalam sambutannya mengatakan bersyukur dengan besarnya populasi ternak sapi di Kab. Bone. Hal ini semakin nyata terlihat hari ini dengan pengiriman 200 ekor ternak sapi ke Kalimantan untuk dijadikan hewan kurban. “Permintaan dan kebutuhan akan daging sangat tinggi, di Jakarta dan sekitarnya harga daging melonjak, produksi dan pasokan sapi disana langka, tapi tidak dengan Kab. Bone yang justru memasok dan mengirim ternak sapi ke daerah yang bermitra dengan kita” ujarnya.
Andi Fahsar, kembali mengingatkan perlunya pengendalian dan menjaga kelestraian ternak sapi, jangan sampai sapi dikirim ke luar daerah namun justru di daerah sendiri nanti mengalami kekurangan. Dengan harapan agar ketersedian ternak sapi terus meningkat sehingga tidak mengalami kekurangan, mengingat permintaan jumlah pengiriman ternak ke luar daerah terus bertambah “Sapi betina produktif jangan dikirim keluar daerah atau dijadikan hewan kurban oleh masyarakat, agar populasi ternak sapi kita terjaga dan meningkat” harapnya.
Wakil Ketua DPRD Kab. Bone, A. Taufiq Kadir turut menyaksikan pelepasan 200 ekor sapi ke Kalimantan 

Pelepasan yang dirangkaian dengan Temu Wicara ini juga dihadiri Kabid. Perbibitan Dinas Peternakan dan Keswan Sulsel, Ir. Syamsul Bahri, MSi, Wakil Ketua DPRD, A. Taufiq Kadir dan beberapa anggota DPRD Kab. Bone, para kepala SKPD terkait, Asisten, Kabag lingkup Pemkab Bone, perwakilan BRI, para PPK dan penyuluh peternakan, pelaku usaha/petani-ternak dan masyarakat Kec. Patimpeng
Yusran A. Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment