#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Disnak Kab. Bone Sosialisasi GBIB Di Kec. Patimpeng

DIOLUHTAN. Bone-Sulsel. Selain swasembada pajale (padi, jagung, kedelei) yang menjadi program unggulan Kementerian Pertanian, program Gertak Birahi dan Inseminasi Buatan (GBIB) merupakan salah satu program andalan di bidang peternakan. 
GBIB untuk ternak sapi ini diselenggarakan serentak dihampir seluruh Indonesia termasuk di Kab. Bone. Hal ini juga untuk melaksanakan program peningkatan dan percapaian populasi dan swasembada daging 2015 s/d 2018 di Provinsi Sulawesi Selatan.
Saat sosialisasi program yang diadakan di seluruh kecamatan di Kab. Bone, salah satunya bertempat di  kantor Camat Patimpeng, Kab. Bone
Program GBIB ini tujuannya agar mendapatkan ternak yang birahi dalam waktu yang bersamaan. Hal ini akan memudahkan dalam proses perkawinan yang dilakukan dengan teknik inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik. “Gertak birahi dan inseminasi buatan adalah cara menimbulkan gejala birahi pada kelompok ternak secara bersama-sama dan rentang waktu yang pendek” papar Kabid. Produksi Disnak Bone, Ir. Yuliani Azis.
Beliau lanjut memaparkan bahwa tujuan GBIB adalah efesiensi program reproduksi dalam mempersingkat waktu birahi, memastikan waktu IB, efesiensi pelaksanaan IB dan merencanakan kelahirannya. ‘’Program ini untuk sapi betina diberikan hormone khusus dan selanjutnya dilakukan IB sehingga akan terjadi kelahiran massal. Kita akan terus laksanakan program ini, untuk meningkatkan populasi sapi di Kab. Bone’’ ujarnya.

Penyuluh peternakan BPK Patimpeng, A. Elya, SPt ketika dikonfirmasi mengapresiasi kegiatan ini dan menurutnya sangat penting. “Program menteri pertanian ini tujuannya adalah peningkatan produksi daging sapi nasional, mengingat kebutuhan daging sangat tinggi sementara produksi sapi masih minim, ini menjadi motivasi tersendiri bagi Kab. Bone untuk lebih “fight” membangun peternakan dengan GBIB ini” ujarnya kepada Dioluhtan.
Yusran A. Yahya
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment