#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Urine Sapi + Tanaman Herbal = Pupuk Organik Ramah Lingkungan

DIOLUHTAN-suluhtani. Urine atau air kencing sapi adalah limbah yang  berpotensi untuk mencemari lingkungan. Satu ekor sapi saja,dalam sehari akan memproduksi 30 liter urine.
Komposisi kimia dari Urine sapi sangat kompleks, terdiri dari  natrium (N) dan kalium (K) dengan kadar yang sangat tinggi. Kemudian air, urea, kreatinin, allantion, asam hipurik, ammonia, asam amino, sulfat, sulfur, garam organik, pigmen urokrom, urobulin dan purine yang disusun atas komponen asam urat, kantin, dan hipoksantin.
Ilustrasi Pembuatan Pupuk Cair Organik (yoush)

Urine sapi juga mengandung hormon pertumbuhan tanaman sert mudah diserap oleh tanaman. Oleh sebab itu, Urine sangat potensial jika digunakan sebagai bahan dasar pupuk organik yang ramah lingkungan.
Atas dasar tersebut, serta keprihatinan akan makin banyaknya pemakaian pupuk dan pestisida dari bahan sintetik, sebuah tim dari Fakultas Peternakan dan Fakultas Pertanian IPB melakukan percobaan untuk membuat pupuk tanaman yang disebut "Pupetrin"
Pupetrin adalah singkatan dari Pupuk Pestisida Urine, yang merupakan campuran limbah urine sapi dengan tanaman herbal. Dengan pupuk ini, mereka berharap dapat menekan laju pemanasan global, serta mengurangi residu akibat penggunaan pupuk sintetik yang berdampak negatif terhadap lingkungan dan mikroorganisme
Sumber : okezone.com
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment