#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Budidaya Tanaman Bromelia, perbanyakan anakan dan perawatannya

DIOLUHTAN. Terimakasih untuk tetap setia membaca artikel-artikel dari kami. Untuk kali ini, kami akan membagi ilmu yang diperoleh dari Pekan Flora dan Flori Nusantara (PF2N) yang berlangsung di Maccini Sombala of Indonesia (MOI), Makassar, Sulsel mengenai budidaya tanaman bromeliad khususnya untuk memperbanyak anakannya.
Catur Puryanto (BBPP Batu, Malang) bersama Yusran A. Yahya (Penyuluh BP4K Kab. Bone)
saat praktek perbanyakan anakan bromelia

Menanti bromelia beranak dengan alami butuh waktu 1-2 th. Jumlah anakan yang didapatkan lalu cuma 2-3 tanaman. ada langkah cepat untuk memperbanyak anakan. didalam 9 bln. telah panen 2-3 anakan serta diulang tiap-tiap 2 bln..
Langkah-cara memperbanyak :

  • Ambillah sesuatu bambu berdiameter cm selama 20-30 cm. runcingkan ujungnya. siapkan bromelia remaja berusia 5-7 bln. serta sehat.
  • Tancapkan bambu di dalam pucuk tanaman. tusuk sampai sedalam 4-5 cm di titik tumbuh. apabila tidak pas, pucuk terus tumbuh tapiu daun rusak dikarenakan bolong. bambu dapat dicabut atau dilewatkan.
  • Apabila penusukan sukses, warna daun bromelia semakin cerah. sebulan lantas terbentuk 1-2 anakan. biarlah sampai pucuk daun terbuka penuh. bibit yang pucuknya belum membuka berdaya tahan rendah hingga cepat mati.
  • Ambillah pisau yang tajam serta bersih. iris anakan di pangkal batang
  • Biarlah bibit itu hari supaya pangkal batang jadi kering. apabila tetap basah bibit gampang rusak.
  • Siapkan pot 5 cm. isi dengan media campuran sekam serta serutan kayu dengan perbandingan seimbang, atau cincang batang pakis. tanam dengan menancapkan di media.

Setelah semuanya dilakukan, lalu tempatkan bibit dibawah naungan jaring plastik 55%. perawatan cukup hanya menyiram tiap-tiap hari.

Demikian tips kami, semoga bermanfaat. (YAY)
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment