#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Cara Mudah Mengenali Buah yang Telah Matang

Jejeran buah segar selalu menggoda kita untuk membeli dan langsung menikmatinya. Tapi kadang karena kita tak bisa memilih, buah yang dibeli ternyata belum matang.
Untuk itu, penting mengetahui apa saja tanda-tanda buah yang telah matang. Anda juga harus tahu jika buah terlalu matang dan akan lebih cepat membusuk.
1. Nanas
Tanda pertama dari nanas yang matang adalah warnanya. Yaitu, cokelat keemasan, tanpa banyak warna hijau yang tersisa di pangkal. Bau manis juga menunjukkan kematangan buah ini. Jika nanas tidak mengeluarkan aroma, itu tidak cukup matang belum. Jika baunya cenderung asam, pertanda terlalu matang.

2. Terong
Setiap bagian dari terong memberikan tanda-tanda kematangan. Batangnya menunjukkan kesegaran. Jika warnanya hijau terang, berarti terong masih segar. Jika mulai menguning atau cokelat, terlalu matang. Kulit terong yang matang cenderung gelap dan warnanya sangat menonjol. Jika ditekan kulit terong ketat namun elastis.
3. Semangka
Ketika membeli semangka, pasti Anda akan sangat kecewa jika ternyata rasanya tak manis dan belum matang. Untuk memeriksa kematangannya, Anda dapat men

ekan semangka. Jika terdengar seperti berongga, pertanda matang. Cara lain yang mudah untuk memastikan kematangan adalah memeriksa bagian bawah semangka. Jika memiliki titik kuning di bagian bawah, berarti semangka sudah siap dimakan.
4. Mangga
Warna mangga tidak menunjukkan kematangan. Satu-satunya cara untuk mengetahui kapan mangga siap untuk makan adalah dengan sentuhan. Jika terasa agak lembut, berarti sudah siap. Kadang mangga juga akan mengeluarkan aroma khas pada ujung batang saat matang.

Sumber : www.Huffingtonpost.com (Penulis: Mutia Nugraheni/MUT)
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment