Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Metode yang Mudah dalam Menanam Jahe

Indonesia sangat terkenal sebagai sebuah negeri dengan tanah yang subur, maka tak heran jika menanam apapun bisa dengan sangat mudah tumbuh di Indonesia, termasuk jahe. Cara menanam jahe pun tidak terlalu sulit, namun jika Anda tidak tahu tips dan triknya, menanam jahe tidak akan menghasilkan apapun.

Jahe bisa tumbuh pada ketinggian 300 s/d 900 m dpl, tanaman jahe tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung, oleh karena itu menanam jahe bisa dilakukan di kebun jabon, kebun kelapa sawit atau juga di kebun pepohonan yang besar lainnya.
Syarat tanam lainnya adalah pengairan yang juga harus diperhatikan dengan sangat baik. pH tanah harus mencukupi antara 6,8 – 7,4. 
Cara Menanam Jahe :

  • Pilihlah benih jahe yang bagus dengan ciri memiliki bakal tunas 2-3 tunas.
  • Semaikan bibit jahe pada hamparan jerami atau alang alang
  • Siapkan media tanam yang telah dicampur dengan pupuk kandang atau kompos
  • Tanam bibit jahe di area lahan yang telah disiapkan
  • Siram jahe yang telah ditanam minimal satu kali dalam sehari.

Sebaiknya jangan terlalu sering menyiram jahe, hal ini dikhawatirkan akan membuat benih jahe membusuk. Dalam penutupan benih juga jangan terlalu tebal dan jangan terlalu padat, hal ini dimaksudkan agar tunas jahe bisa tumbuh dengan cepat dan sempurna. 

Sumber: caramenanam.com
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment