#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Surat Terbuka Forum Bone kepada Menteri Pertanian

Kepada Yth: Menteri Pertanian RI
Ub: Bapak A.Amran Sulaiman
d/p: Humas Kementerian Pertanian
--------------------------------------------------------
Assalamu'Alaikum wrwb.
Sangat kami apresiasi kinerja Kementerian Pertanian selama dipimpin oleh Pak Amran (Pemerintahan Jokowi-JeKa).
Pembangunan infrastruktur pertanian, produksi pertanian dan sarana alsintan, dll cukup menggembirakan perkembangannya.
Namun kami sanksi, itu semua tidak akan sustainable bila ditinggalkan oleh Pak Amran (walau cukup 1 periode masih belum mampu untuk pengembangan pertanian menuju ketahanan pangan yg berkeadilan).
Melalui surat terbuka ini (membackup surat yg telah kami kirim sebelumnya yg tertuju ke Bapak Menteri Pertanian).
Untuk Indonesia Mandiri Pangan, kami menaruh harapan kepada Pak A.Amran sbb:
1) Tanamkan pondasi yg kuat secara massif di seluruh Indonesia untuk Pembangunan Pertanian Organik (ini alternatif ampuh untuk kesejahteraan petani dan swasembada pangan) menuju ketahanan pangan Indonesia yg handal.
2) Kembangkan secara linear pangan (padi, kedele dan jagung) bersama pangan non beras lainnya (angkat kearifan lokal pangan Indonesia)
3) Konversi dana subsidi pupuk organik menjadi subsidi APPO (alat pengolahan pupuk organik) kepada petani by Kelompok Tani beserta SDM petani dalam menyiapkan sendiri kebutuhan pupuknya (Hilangkan ketergantungan petani kepada pihak lain). Yakin pupuk organik subsidi, itu tidak akan pernah tercapai target (silakan monev kebenaran informasi ini).
4) Kembangkan dan kuatkan Lembaga Industri atau Keuangan Tani berupa Koperasi Pertanian yg mengacu pada Koperasi Pertanian Korea Selatan (NACF). Untuk memotong rantai distribusi dan para geliat tengkulak yg ada berkeliaran di tingkat petani. Hal ini yg sangat meresahkan petani Indonesia > Bila Koperasi Pertanian ini kuat secara massif, outputnya para petani akan mendirikan (pemegang saham) atas berdirinya Bank Tani Indonesia. Ini merupakan solusi hulu pertanian Indonesia (solusi pertanian bukan di hilir).
5) Arahkan dan fasilitasi seluruh desa agar mengembangkan Pertanian Organik dgn kombain Dana Desa dan Dana Kementan yg disupport dgn Dana CSR > aplikasi program Nawacita yaitu pembentukan demplot 1000 Desa Organik.
6) Tingkatkan SDM para PPL untuk industri pertanian organik dan SDM para pengurus Kelompok Tani dengan belajar atau study banding ke Korea Selatan (pertanian organik dan koperasi pertanian Korea Selatan cukup maju dan pantas dijadikan tolak ukur untuk Indonesia).
7) Rubah paradigma petani dan PPL tentang pertanian konvensional ke pertanian organik. Ini sangat penting, sebagai basik pengembangan pertanian organik Indonesia.
Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
Wassalam:
Forum Bone, Sulawesi Selatan
Penanggungjawab

Asrul Hoesein
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment