Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Jarang Konsumsi Rumput, Sapi "Belgian Blue " Tetap Kekar dan Berotot

DIOLUHTAN - Menjelang lebaran haji begitupula pada saat hari raya kurban, berbagai jenis sapi muncul di pasaran. Tapi, beda negara beda pula jenis sapinya. Inilah sapi yang lagi ramai jadi bahan pembicaraan publik.
Namanya Belgian Blue, sapi berotot dengan lebih dari satu ton ini sudah lama dikembangkan menjadi sapi pedaging yang dipotong setiap hari di Rumah Potong Hewan (RPH). Berbeda dengan sapi perah, sapi pedaging memang dikembangbiakkan untuk menghasilkan daging kualitas tinggi.

Sapi Belgian blue berasal dari persilangan sapi lokal dengan sapi jenis Shorthorn yang berasal dari Inggris. Petani sapi di Belgia bahkan memiliki program khusus untuk mengembangkan varietas sapi kekar.
Hebatnya, mereka sama sekali tidak menggunakan obat-obat kimia. Sapi ini hanya makan pakan olahan seperti jerami dan konsentrat yang terbuat dari biji-bijian dan kedelai, mereka justru tidak terlalu banyak makan rumput.
Belgian Blue menghasilkan lebih banyak daging dan sedikit lemak. Hal ini terbukti setelah dipotong dan dihilangkan tulangnya, presentase daging sapi yang dihasilkan sebanyak 82 persen.
Tentu saja harga daging sapi Belgian blue lebih mahal jika diekspor ke luar negeri. Namun di negara asalnya, Belgia, hampir semua daging sapi yang dijual adalah jenis Belgian blue. Hanya di negara inilah kamu bisa menikmati daging sapi kualitas super dengan harga standar.
Bagiamana travelers, sapi mana yang kamu pilih untuk kurban dalam 3 (tiga) hari ini?
Penasaran dengan bentuk sapinya? silahkan lihat video berikut ini :
Sumber : Tribunnews.com

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment