Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Indonesia Akhirnya Ekspor Beras Organik ke Belgia sebanyak 40 ton

DIOLUHTAN - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengungkapkan, Indonesia baru saja mengekspor beras organik sebanyak 40 ton ke Belgia, dengan harga per kilogram sekitar Rp.60 s/d Rp70 ribu. Sementara target ekspor beras organik hingga akhir tahun dipatok 100 ribu ton. “Kita ekspor beras organik ke Belgia, mulai tahun ini, harganya Rp60.000-Rp70.000 per kg. Ini bisa menguntungkan bagi petani, ini bisa mengangkat kesejahteraan petani,” ujar Amran, seperti dikutip cnnindonesia (14/9).
RI Ekspor 40 Ton Beras Organik ke Belgia

Menurut Amran, beras organik yang diekspor ini berasal dari sejumlah sentra produksi beras yang sudah tersertifikasi, seperti Tasikmalaya di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
Amran menekankan bahwa pemerintah telah memasang target ekspor beras organik mencapai 100 ribu ton hingga akhir tahun ini. Untuk mendukung program ekspor beras organik, pemerintah akan mengembangkan beberapa lahan pertanian. “Kita berencana mengembangkan 100 ribu hektare. Nanti lima tahun ke depan, kita targetkan 500 ribu hektare. Ini merupakan potensi yang belum digarap pemerintah,” ungkap Amran.
Amran menuturkan, pemerintah juga akan mengembangkan sentra produksi beras di luar Pulau Jawa demi mengejar target swasembada beras yang diamanatkan Presiden Joko Widodo. “Dari Tasikmalaya, nanti fokus ke Kalimantan. Program ke depannya, Kalimantan bisa swasembada. Jangan ambil dari daerah lain karena biaya angkutnya ditanggung rakyat, nanti bikin inflasi,” jelas Amran.
Mantan pengusaha itu mengatakan, khusus program swasembada beras di Kalimantan baru akan dikejar pada tahun depan, usai menuntaskan target ekspor beras sebanyak 100 ribu ton tahun ini.
Sementara untuk pemenuhan pasokan beras di dalam negeri, Amran menjamin ketersediaannya akan cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat. Menurutnya, saat ini, cadangan beras di gudang Perum Bulog sebanyak 2,1 juta ton.
Pasalnya, lanjut dia, cuaca yang mendukung membuat hasil panen melimpah. “Kami baru tiba dari Tasikmalaya, ternyata produksi membaik jadi harga turun dan ini harus kita jaga,” ucap Mentan.
Saat ini, tambah Mentan, harga jual beras di tingkat pedagang grosir relatif turun. Contohnya di Pasar Cipinang, Jakarta, harga beras saat ini berkisar Rp7.000—Rp7.500 per kg, turun dibandingkan dengan beberapa waktu lalu yang berkisar Rp8.500—Rp8.700 per kg.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment