#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Mempetisi Presiden RI agar Indonesia Mengatasi Krisis Tenaga Penyuluh Pertanian

Mengatasi Krisis Tenaga Penyuluh Pertanian
(Mempetisi Presiden Republik Indonesia)

PETISI
TENAGA HARIAN LEPAS TENAGA BANTU PENYULUH PERTANIAN (THL-TBPP)
Kami THL-TBPP Indonesia Menyatakan :
1. Kedaulatan Pangan merupakan keniscayaan bagi Bangsa Indonesia
2. Pangan yang berdaulat dapat diraih dengan dukungan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Pertanian Indonesia
3. Penguatan dan peningkatan sumber daya manusia pertanian dapat diraih dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas Penyuluh Pertanian.
4. Saat ini Indonesia mengalami krisis tenaga Penyuluh Pertanian. Jumlah Penyuluh Pertanian PNS tersisa 25.734 orang, dan yang berada di tingkat desa/kelurahan hanya 12.007 orang, sementara jumlah desa potensial pertanian sebanyak 71.479 desa, maka jumlah desa yang petani-nya tidak mendapatkan layanan penyuluhan pertanian sebanyak 59.472 desa.
5. Krisis ketenagaan Penyuluh Pertanian PNS semakin parah karena pada tahun 2019 sebanyak 13.464 Penyuluh Pertanian PNS akan memasuki masa pensiun. Sehingga jika tidak ada penambahan tenaga PNS baru, maka jumlah Penyuluh PNS pada tahun tersebut adalah sebanyak 12.270 orang. Artinya akan ada 59.472 + 12.270 = 71.742 desa yang tidak mendapatkan penyuluhan dan pendampingan petani.
6. Keberadaan THL-TBPP dengan jumlah 19.156 orang signifikan mengisi kekurangan tenaga Penyuluh Pertanian, sehingga tersisa desa yang belum terlayani penyuluh sebanyak 52.586 desa. Sehingga Pemerintah Indonesia harus segera mengatasi krisis tenaga Penyuluh Pertanian dengan mengangkat 19.156 orang THL-TBPP menjadi pegawai ASN-PNS, agar kegiatan penyuluhan dapat berjalan secara berkesinambungan dengan tenaga yang terjamin status ketenagaannya.
7. Dengan mengangkat THL-TBPP menjadi pegawai ASN-PNS maka Pemerintah memenuhi kewajibannya terhadap petani kita karena Keberadaan Penyuluh Pertanian merupakan bukti hadirnya Pemerintah di tengah-tengah Petani Indonesia.
 Forum Komunikasi THL-TBPP Nasional
Ketua Umum
Dedy Alfian
Bantu isi PETISI silahkan MULAI dengan KLIK ISI atau Baca Selengkapnya DISINI
Petisi ini akan dikirim ke:
Presiden Republik Indonesia
Sumber Berita : www.change.org
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment