Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Sentinel-2A, Satelit Pemantau Pangan Dunia

DIOLUHTAN-suluhtani. Pesawat antariksa untuk program pengamatan bumi milik negara-negara Uni Eropa seharga miliaran euro telah diluncurkan. Satelit yang bernama Sentinel-2A itu diluncurkan dengan roket Vega dari wilayah Kourou di Guyana Prancis. 

Misi itu bertujuan mengambil foto-foto permukaan planet dalam cahaya jelas dan gelap dengan infrared. Data satelit itu akan merekam semua kejadian seperti pertumbuhan kota-kota besar hingga dampak kerusakan bencana alam seperti gempa bumi.
Namun Sentinel-2A juga memiliki peran khusus dalam pemantauan kinerja tanaman pangan dunia. Sensor kameranya telah dirancang untuk mendeteksi panjang gelombang cahaya spesifik yang menunjukkan kesehatan tanaman. 
Informasi itu kemudian digunakan untuk memperingatkan lembaga-lembaga pertanian dan makanan internasional bila terjadi panen yang buruk dan adanya potensi kelaparan. “Kami memiliki 13 band spektral termasuk empat yang disebut ‘tepi merah’ di mana tanaman, dan klorofil memantulkan cahaya, dan ini menunjukkan aktivitas tanaman,” jelas Profesor Volker Liebig, direktur observasi Bumi di European Space Agency (ESA). 
Hal ini sangat penting untuk memantau pasokan makanan dan aplikasinya untuk keamanan pangan dunia. “Ini akan membantu Program Pangan Dunia (WFP) memprediksi panen buruk dan mengurangi spekulasi pasar pangan dunia, yang berdampak buruk bagi banyak negara,” jelasnya. (BBCIndonesia)

Editor : Y.A. Yahya


Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment