Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Manfaatkan Limbah Kulit Buah Kakao sebagai Bahan Pakan Potensial Untuk Ternak Sapi

DIOLUHTAN. Tanaman kakao menghasilkan limbah berupa kulit buah yang cukup melimpah, namun hingga kini  belum banyak yang memanfaatkannya. Padahal, limbah kulit buah kakao dapat digunakan sebagai bahan pakan ternak sapi.
Akan tetapi, karena kandungan serat kasarnya sangat tinggi, kadar protein yang rendah, serta mengandung Theobromin dan asamfitat yang tinggi, kulit buah kakao tidak dapat diberikan secara langsung.  Untuk itu perlu dilakukan proses pengolahan dan fermentasi. Tidak terlalu rumit namun memerlukan sedikit waktu dan tenaga.
Caranya, cacahlah kulit buah kakao menjadi potongan kecil-kecil. Bisa dilakukan dengan  menggunakan parang atau chopper (manual atau elektrik). Selanjutnya cacahan kulit buah kakao ditebarkan secara merata di atas terpal atau lantai, kemudian disemprot dengan larutan Aspergilusniger secara merata.
Tahap selanjutnya adalah memasukkan cacahan kulit buah kakao tersebut kedalam karung atau ditumpuk pada lantai dan ditutup secara rapat dengan terpal.  Biarkan selama 5-6 hari, agar terjadi proses fermentasi.
Kulit Kakao yang telah di Cacah

Setelah itu, dijemur dibawah terik matahari selama dua hari. Panjangkan waktu penjemuran jika cuaca mendung.  Kulit buah kakao yang telah kering kemudian digiling sampai halus (menjadi tepung)  menggunakan mesin penggiling.
Tepung kulit buah kakao itulah yang nantinya dapat diberikan pada ternak sapi. Berdasarkan penelitian, penggunaan tepung kulit buah kakao sebanyak 1% pada pakan ternak sapi dapat meningkatkan pertambahan bobot badan sapi sebesar 330 g/ekor/hari.
Agar tepung kulit buah kakao tetap bertahan untuk jangka panjang dianjurkan disimpan dalam karung yang dilapisi plastik.

Sumber : litbang.deptan.go.id
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment