#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Energi Gas Sendawa yang Dihasilkan 1 (Satu) Ekor Sapi, Jika Dimanfaatkan dapat Menjalankan Lemari Es sehari penuh !

Beberapa dekade terakhir, para ilmuwan meyakini bahwa gas dari hasil pencernaan atau lebih dikenal dengan gas sendawa yang berasal dari ternak sapi menjadi salah satu penyebab "Global Warming".
Bahkan dalam hal pencemaran lingkungan, gas Metana yang terkandung didalamnya lebih berbahaya dari pada polusi kendaraan bermotor.
Padahal, kita tahu bahwa gas Metana adalah komponen utama dari gas alam yang selama ini digunakan sebagai bahan bakar pada industri-industri skala besar serta pembangkit tenaga listrik.

Berdasarkan fakta tersebut, sejumlah ilmuwan Argentina dari kelompok fisiologi hewan di INTA (Argentina's National Institute of Agricultural Technology) yang diketuai oleh Guillermo Berra, melakukan penelitian untuk memanfaatkan gas Metana dari sendawa sapi menjadi bahan bakar alternatif.
Dengan menggunakan sistem katup dan pompa, gas hasil pencernaan sapi dialirkan dari rongga perut ke dalam tangki pengumpul melalui tabung. Kemudian dilakukan pemisahan gas metana dari kandungan gas-gas yang lain, seperti karbon dioksida. Agar praktis saat digunakan, gas Metana yang telah murni akan dikompres dengan mesin tekanan tinggi didalam tabung.
Dari 250 sampai 300 liter gas sendawa yang dihasilkan oleh satu ekor sapi setiap hari, setelah diproses ternyata mampu menjalankan lemari es hingga 24 jam. Luar biasa !.
Namun demikian, prosesnya masih dianggap terlalu rumit. Oleh sebab itu para illmuwan akan terus mengembangkannya agar satu saat nanti ketika cadangan bahan bakar semakin menipis, gas sendawa sapi bisa menjadi pilihan pengganti.

Sumber: tempo.co
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment