#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Cara Atasi Penyakit Kembung Perut (Bloat) Pada Sapi Potong

Ketepatan dan kecepatan pengobatan menjadi kunci dari kesembuhan Sapi potong yang menderita kembung perut (bloat). Ada beberapa cara pengobatan yang dapat dilakukan yaitu :

1. Pada sapi yang menderita kembung perut ringan, segera berikan daun kering/hay sebagai pengganti pakan hijauan.
2. Untuk membantu mengurangi kembung, sapi potong harus dipaksa berjalan.
3. Jika terus berlanjut lakukan hal berikut : (a) Beri obat antifoam yang dapat dibeli di toko-toko yang menjual peralatan peternakan; (b) Minumkan minyak nabati atau minyak sayur atau minyak goreng pada dosis 150 – 300 ml, untuk  mengurai buih (foam) yang terdapat di dalam rumen; (c) Atau bisa juga meminumkan1 liter susu murni, yang dapat juga membuyarkan buih; (d) Jika sulit mendapatkan obat-obatan seperti tersebut diatas, obat tradisional untuk mengobati penyakit kembung perut (bloat) dapat digunakan.
4.Jika semua usaha yang telah dilakukan mengalami kegagalan,  segera panggil tenaga medis. Untuk segera mengatasi kondisi yang bertambah buruk, lepaskan tekanan gas di dalam perut dengan paksa. Caranya  dengan melubangi dinding perut sapi. 
Alat yang biasa digunakan adalah trokar (semacam penusuk, mirip paku tapi lebih besar) yang ditusukkan pada perut kiri atas, di belakang tulang rusuk. Gas yang terjebak akan keluar melalui lubang tersebut. Apabila trokar tidak tersedia, alat yang tajam sepeti jarum suntik, jarum besar atau paku dan pisau bisa juga digunakan untuk membuat lubang sedalam kira-kira 2,5cm. Setelah ditusukkan, pisau jangan langsung dicabut, tapi diputar miring untuk memberi ruang pada gas agar bisa keluar. 
Namun demikian ini adalah pilihan terakhir, karena berisiko merobek rumen. Apabila hal ini terjadi maka harus ada dokter yang akan melakukan jahitan dan memberikan antibiotik untuk menghindari infeksi.
5. Jika ada Dokter hewan, mantri hewan atau tenaga yang terlatih,  biasanya mereka akan memasukkan selang stomach tube  (ukuran ¾” sampai 1” diameter) sepanjang 2 – 3 meter yang dilumuri dengan minyak ke dalam mulut sapi yang menderita kembung perut akut. Melalui esophageal (tenggorokan) selang ini diteruskan menuju rumen untuk membantu mengeluarkan gas dari dalam rumen. Cara ini terkadang berhasil namun cukup berbahaya karena dapat menganggu organ bagian dalam sapi potong.

Sumber : drhsitiistiana.blogspot.com
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment