Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Sekilas..... Industri Unggas

Dari aspek geografis alamnya sangat mendukung untuk pengembangan usaha perunggasan. Selain ketersediaan lahan dan air yang memadai, kondisi iklim juga sesuai, sehingga bisa mendukung industri unggas. Dengan produksi jagung dan kedelai yang tinggi sebagai bahan baku pakan unggas, menjadikan fundamental bisnis unggas lebih kuat. Menyadari peran teknologi dalam mendorong pertumbuhan industri unggas, dibangun pusat penelitian perunggasan dengan ratusan pakar didalamnya. Lebih dari 400 temuan terkait teknologi perunggasan dihasilkan untuk mendukung binis unggas.
Menyadari industri perunggasan dapat menjadi kekuatan ekonomi, pemerintah menyediakan sarana transportasi, logistik, infrastruktur dan penelitian yang memadai. Keinginan para pelaku usaha juga memperoleh respon positif dari pemerintah. Industri unggas mampu menyerap 3,5 juta tenaga kerja langsung. Pola budidaya unggas 95 oeren mengadopsi sistem budidaya terintegrasi, berupa kerjasama saling menguntungkan antara perusahaan dan petani. Skala menjadi besar, sehingga biaya produksi bisa ditekan. Kombinasi kerjasama yang baik antara pemerintah, pelaku usaha dan peternak menjadikan industri unggas mampu menjadi peendorong pertumbuhan ekonomi.

Sayang ini terjadi di Brasil bukan di Indonesia.

Sumber: Kompas 31 Agustus 2013.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment