#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Personel Penyuluh Pertanian bareng Panen Madu

Penyuluh Pertanian lingkup Kecamatan Kahu, Bontocani dan Patimpeng melakukan panen bersama madu jenis trigona di area lahan kantor BPK Kahu. Para penyuluh telah melakukan demplot pengembangan lebah trigona penghasil madu propolis ini. Selain para penyuluh ini, panen madu trigona turut dihadiri Kepala BPK Kahu (Kamaruddin, SP) dan Kepala UPTD Benih (H. Darlis, SP).
A. Elya Azis, SPt mengatakan, sejak dilatihnya kami cara budidaya lebah oleh tim BP4K Kab. Bone pada pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan bulan lalu ditempat ini, kami langsung giat merespon budidaya ini dan diharapkan budidaya madu ini terus berkembang dan siap di diseminasikan ke kelompok-kelompok tani. “rencananya kami akan menambah beberapa unit kotak-kotak lebah trigona, agar dapat lebih berkembang dan hasil madunya lebih banyak lagi” ujar PPL Desa Masago ini didampingi oleh PPL Desa Bana, Bontocani.

Ini sejalan juga dengan misi peningkatan pendapatan petani dan peningkatan gizi masyarakat agar jika telah maju dan berkembang bersama masyarakat maka akan menciptakan ciri khas daerah dengan aneka keragaman pangannya. Selain dari penyuluh-penyuluh tersebut, dikantor BP4K Kab. Bone sendiri turut mengembangkan budidaya lebah madu ini. ‘’Pada kesempatan panen bersama ini, kami juga bahu-membahu dalam hal dana pembuatan kotak-kotak madu ini, walau tidak seberapa tapi dengan niat baik untuk masyarakat petani semoga dengan berkembangnya budidaya ini cita-cita balai penyuluhan untuk masyarakat petani dapat tercapai’’ jelasnya.

Tujuan budidaya ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan perekonomian masyarakat secara berkesinambungan. Harapan kami ke depannya, dapat mengembangkan budidaya lebah madu ini sehingga menjadikan wilayah ini sebagai sumber madu di Bone, demikian dikatakan Kamaruddin, SP. “kami berharap badan/dinas terkait dapat membantu penyuluh-penyuluh dan kelompok tani kami dengan pelatihan-pelatihan terkait budidaya ini sampai dengan pemasarannya” ujarnya saat mencicipi madu hasil panen.
Y.A.Y reportase
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment