#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Kontroversi Penggunaan Antibiotik Untuk Mempercepat Penggemukan Sapi Potong

DIORAMA PENYULUHAN PERTANIAN-Kesehatan Hewan. Fungsi utama dari antibiotik pada sapi potong adalah menyembuhkan penyakit akibat infeksi bakteri. Namun sekitar 50 tahun yang lalu, para peternak menemukan manfaat  lain  dari penggunaan antibiotik, yaitu dapat mempercepat penggemukan tubuh ternak sapi.
Sejak saat itu, antibiotik akhirnya digunakan oleh banyak perusahaan untuk membesarkan ternak sapi mereka. Penelitian yang dilakukan tidak menafikan hal ini, akan tetapi para ilmuwan  juga menemukan efek samping yang merugikan dalam jangka waktu panjang.  Bakteri yang menyerang ternak sapi  lama kelamaan ternyata menjadi kebal terhadap antibiotik.

Penemuan ini  segera mengundang banyak kritikan. Penelitian lebih lanjut bahkan berhasil membuktikan bahwa  bakteri yang kebal antibiotik ini ini tidak hanya berbahaya bagi ternak sapi tetapi juga pada kesehatan manusia. Jika manusia mengkonsumsi daging sapi yang mengandung bakteri yang kebal terhadap antibiotik, maka akan mempersulit pengobatan infeksi pada tubuh manusia.
Oleh sebab itu, beberapa Negara seperti Uni Eropa,  sudah melarang penggunaan antibiotik untuk menggemukkan sapi. Menyusul  Korea Selatan yang akan melarang praktek tersebut bulan depan. Di Amerika Serikat, Badan Pengawas Pangan dan Obat-obatan (FDA)  sudah mengusulkan larangan penggunaan antibiotika pada ternak yang sehat sejak tahun 1977. Tapi, Kongres meminta penelitian lebih jauh, dan hasilnya pada bulan Juni tahun lalu FDA telah meminta peternak menghentikan  penggunaan antibiotika dalam jangka panjang.
Rekomendasi tersebut rupanya tidak memuaskan bagi para pemerhati kasus ini. Lima organisasi lingkungan dan konsumen tetap meminta pengadilan untuk memaksa pemerintah  federal segera memberlakukan larangan praktek ini di seluruh wilayah amerika.
Akan tetapi menurut para peternak larangan ini tidak beralasan. Ketakutan akan meningkatnya kekebalan pada bakteri, lebih disebabkan oleh penggunaan antibiotik pada ternak yang terlalu banyak atau penyalahgunaan yang dilakukan oleh manusia sendiri. Sedangkan untuk menggemukkan sapi , para peternak ini hanya menggunakan antibiotik tingkat rendah yang menurut mereka tidak membahayakan.

Sumber : www.voanews.com
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment