Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Sepertiga Tenaga Kerja di Indonesia Mampu Di Serap Sektor Pertanian

DIOLUHTAN. Jakarta - Sektor pertanian disebut mampu menyerap sepertiga tenaga kerja di Indonesia. Sehingga, prioritas Pemerintah pada saat ini di sektor tersebut dinilai sangat tepat.
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin menyatakan, di tengah perlambatan ekonomi, dua subsektor pertanian, yaitu perikanan dan perkebunan justru menunjukkan kekuatannya. Hal tersebut dibuktikan dengan pertumbuhan subsektor tersebut yang melebihi pertumbuhan ekonomi nasional. "Kuartal pertama pertumbuhan subsektor itu mencapai lebih dari 8 persen, kuartal kedua lebih dari 7 persen, lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi kita yang di semester II hanya 4,67 persen," ujar Suryamin dalam sebuah Seminar Nasional Hari Statistik di Jakarta, beberapa waktu yang lalu.
Lebih lanjut dikatakan dia, potensi yang dihasilkan dari subsektor tersebut sangat melimpah, namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Dia mencontohkan permasalahan daging sapi yang sebenarnya bisa disubstitusikan dengan ikan. "Supaya masyarakat kita tidak usah teriak-teriak daging sapi, lagi pula kandungan proteinnya tidak berbeda jauh antara daging sapi dan ikan," jelas dia.
Selain itu, sektor pertanian merupakan yang paling besar menyerap tenaga kerja. Jika dilakukan upaya secara maksimal di sektor pertanian, lanjut Suryamin, tentu akan lebih besar sharenya dalam pertumbuhan ekonomi nasional. "Bahkan bisa menyerap hingga sepertiga tenaga kerja. Pertanian ini menjadi fokus pembangunan nasional, salah satunya dengan kedaulatan pangan," pungkasnya.
Sumber : www.okezone.com
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment