#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

13 Foto Tanaman Mematikan yang Bisa Membunuh Manusia dan Hewan/Ternak

DIOLUHTAN. Dengan segala kemajuan ilmu pengetahuan, manusia sudah lama melakukan uji coba soal tumbuhan. Mana tumbuhan yang baik untuk dimakan, mana pula yang ternyata berbahaya dan mesti dihindari. Beberapa petani tradisional bahkan bisa terkejut. Sebab bisa saja tanaman yang mereka tanam dan rawat ternyata bisa mengancam kehidupan.
13 tumbuhan mematikan berikut ini, misalnya. Saking berbahayanya, tumbuhan – tumbuhan ini bisa jadi pembunuh. Apa saja? Berikut informasinya.
1. Apel
Buah apel sering dianjurkan oleh orang umum dan ahli kesehatan. Buah ini memang sangat menyehatkan, namun kontras dengan bijinya. Bagian apel yang satu ini amat berbahaya, apalagi jika dikonsumsi dengan dosis cukup banyak. Sebab, biji apel diketahui memiliki kandungan zat bernama cyanogenic glycosides. Jadi sangat disarankan kalau kita hendak menyantapnya, maka kita mesti benar-benar membuang bijinya.
2. Deadly nightshade
Orang bisa menyebutnya dengan berbagai nama. Namun apapun itu, jenis tanaman ini memiliki bagian yang berbahaya, yaitu daun dan bijinya. Bahkan tanaman ini memiliki cerita sejarah, di mana ia biasa digunakan sebagai racun. Hal yang tidak kita sadari, famili dari nightshade ini ternyata begitu dekat dengan dapur kita. Seperti tomat, terong, kentang dan cabai rawit. Daun dari tetumbuhan ini ternyata memiliki toksin berbahaya. Toksin adalah zat yang memiliki efek seperti racun, yang diproduksi alami oleh sel suatu organisme.
3. Rosary Pea atau Rosario Kacang Polong

Sekilas, tumbuhan yang satu ini nampak tidak berbahaya. Namun ternyata ia memamg mematikan. Sesuai namanya, tumbuhan ini dulu kerap digunakan sebagai manik-manik untuk rosario. Perhiasan di seluruh dunia memakainya. Sehingga banyak pembuat perhiasan yang kondisinya drop bahkan meninggal pasca menusukkan jari ketika memegang tumbuhan ini. Rupanya rosary pea ini memiliki salah-satu toksin paling mematikan di dunia, yang biasa disebut abrin.
4. Bunga Oleander. 
Aneh tapi nyata. Bunga ini sering kita temukan di area taman sekolah. Padahal bunga ini dikenal sebagai salah-satu dari tumbuhan yang paling beracun. Bahkan berdasarakan TESS atau Toxic Exposure Surveillance System, dilaporkan khususnya di Amerika Serikat terdapat 847 jenis racun manusia. Pada tahun 2002, semua racun itu sangat berkaitan dengan oleander.
5. European yew atau Pohon Cemara Eropa
Rata-rata semua bagian cemara yang ada di Afrika Barat Laut, Eropa dan Timur Tengah memang berbahaya. Kecuali bagian aril, atau bagian yang merah-gemuk yang menutup biji beracunnya. Bagian aril ini malah sering jadi santapan burung.
6. Daffodils

Penampilan luar memang bisa menyilap mata. Ia sering disebut juga sebagai tumbuhan ‘narsis’. Dia begitu indah dan seperti tidak mengancam. Namun ternyata dia cukup bahaya. Bahkan Socrates, sang filsuf, kerap menyebut daffodils sebagai “Chaplet of the infernal Gods”, atau kurang lebih “para dewa yang ternyata mengerikan”.
7. Doll’s Eye atau Mata Boneka
Penampilannya saja sudah cukup mengerikan. Begitu juga dengan ‘sesuatu’ yang ada di dalamnya. Mata boneka ini memiliki toksin cardiogenic. Toksin yang satu ini bisa memberi efek seperti penenang pada jaringan otot jantung. Proses pencernaan pada biji ini bisa menyebabkan kinerja jantung terhenti dan berujung pada kematian.
8. Hemlock
Tanaman ini cukup terkenal setelah ia bertanggung jawab atas kematian Socrates. Terkenalnya sebagai salah satu tumbuhan paling beracun dalam sejarah. Ia kerap dijuluki daun peterseli beracun, bubur setan atau berang-berang beracun. Betapa tidak, semua bagian dalam dirinya memiliki alkaloid coniine, atau zat yang bisa membuat perut jadi sakit, muntah-muntah dan bahkan melumpuhkan syaraf pusat.
9. Stinging tree
Kita bisa menemukan pohon ini di negara kita, Indonesia, sama di Queensland – Australia. Toksinnya bisa menyebabkan sensasi tersengat selama beberapa hari bahkan mungkin sampai sebulan, jika kita tidak sengaja mengenai bagian apapun dari pohon ini. Selain bagi manusia, tumbuhan ini juga bisa mengancam hewan-hewan seperti kuda, babi, anjing, dsb.
10. Castor beans.
Tumbuhan ini biasanya ditanam untuk keperluan dekorasi. Dia terlalu berisiko untuk dikonsumsi. Sebab, satu castor bean saja sudah memiliki ricin yang cukup. Ricin adalah salah-satu toksin paling berbahaya. Dalam waktu cukup singkat, zat ini bisa membunuh orang dewasa. Di Indonesia ia disebut juga dengan biji jarak karena dihasilkan dari tanaman jarak.
11. Angel’s trumpet
Tumbuhan ini juga sering ditanam dengan tujuan memperindah kebun. Selain cantik, mereka juga terlihat elegan. Hanya saja, semua bagian dari tumbuhan ini ternyata memiliki racun berbahaya. Akibatnya tentu bisa fatal bagi manusia maupun makhluk lainnya. Memang, bunga terompet ini kerap dijadikan obat, namun jika tidak memahami dosisnya, ‘obat’ itu justeru bisa membunuh kita.
12. Monkshood
Bernama latin Aconitum  dan bernama lain wolfsbane flower. Dari dulu, tumbuhan ini memang terkenal sering dijadikan racun oleh para prajurit kuno. Mereka kerap mencampurkannya dengan air dan memberikannya pada musuh.
13. White snakeroot (Ageratina altissima)
Tumbuhan yang satu ini memiliki kandungan toksin tremetol. Jika kita memakannya secara langsung atau tidak, maka racunnya akan tetap memberi efek. Misalnya ketika tanaman ini dikonsumsi hewan. Lalu kita memakan daging hewan itu atau kita meminum susu hewan itu, maka apa yang kita konsumsi sudah terkonsumsi dengan toksin. Contoh yang paling terkenal yaitu Nancy Hanks, ibu Abraham Lincoln, yang dikabarkan meninggal akibat susu yang ia minum ternyata terkontaminasi zat berbahaya itu.

Nah… setelah mengetahui daftar tumbuhan yang mengandung bahaya ini, baiknya kita makin berhati-hati.
 Editor : Y.A.Yahya
Sumber : www.ngasih.com



Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment