#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Mentan Amran Minta 1 Alat Mesin Pertanian Miliki 3 Fungsi

DIOLUHTAN. Jakarta - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman kembali memesan satu alat canggih lagi untuk bisa dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertanian (Kementan).
Hal ini dipintanya setelah menyaksikan kehebatan ketiga alat pertanian terbaru milik Balitbang yang bisa langsung panen dan langsung kembali tanam. "Tahun lalu kami pesan alat untuk panen jagung ternyata hasilnya hanya satu tahun sudah selesai. Berikutnya nanti tugas baru, panen padi, olah, tanam dalam satu kesatuan," ujarnya di Balai Besar Mekanisasi Pertanian, Litbang Serpong, Tangerang, beberapa waktu lalu.
Saat ini baru ada tiga alat pertanian yang terintegrasi langsung dari panen, olah tanah, dan kembali tanam. Mesin panen untuk langsung pipil dan pengaruhan yang memiliki kapasitas 3-4 jam per hektar (ha). Mesin olah tanah amphibi untuk lahan tergenang atau lahan kering dengan kapasitas 3-4 jam per ha, dan mesin tanam bibit dengan kapasitas 8 jam per ha.
Menurut Amran, bila ketiga alat tersebut dijadikan satu mesin maka hasilnya akan lebih optimal. Optimal dalam hal tanah, air, dan cahaya matahari. "Jadi kami pesan yang berikutnya adalah gabungan antara combain harvester, rais transplanter, alat olah, menjadi satu mesin. Sehingga panen langsung tanam," ujarnya.

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/06/23/320/1423269/mentan-minta-1-mesin-pertanian-memiliki-3-fungsi
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment