#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Lebaran...Selain Opor, Ayam dapat Diolah dengan Bumbu Tradisional yang Lezat

DIOLUHTAN. Ayam termasuk lauk yang mudah diolah untuk pelengkap sajian hari raya. Selain dibuat opor, masih banyak varian menu tradisional yang sedap dan nikmat.
Biasanya lebaran identik dengan opor ayam. Padahal ayam juga enak diracik jadi berbagai olahan lain. Mulai dari gulai hingga ayam goreng, cocok sebagai teman makan ketupat, buras atau lontong. Dioluhtan menyajikan beberapa ide menu ayam tradisional yang dapat disajikan saat lebaran.
1. Gulai ayam
Gulai ayam, pengaan yang tak kalah enak sebagai pelengkap ketupat. Cita rasanya pedas kaya rempah. Berpadu mantap dengan kuah gurih dari santan. Penggunaan ayam kampung akan membuat sajian gulai makin nikmat.
2. Kare ayam
Di Jawa juga ada variasi menu kari. Kare memiliki bumbu lebih ringan dibanding kari Sumatera. Ada pemakaian rempah seperti ketumbar, kunyit, lengkuas dan jintan. Karena dimasak dengan santan, rasanya kuahnya pun begitu gurih. 
3. Semur ayam
Semur tak melulu berkuah cokelat. Ada juga semur gaya Sumatera yang tampilannya mirip rendang. Rasanya unik. Paduan manis, pedas dan gurih. Pemakaian kelapa harum membuat semur makin enak.
4. Ayam goreng
Ayam goreng bisa jadi penyeimbang kuah gurih bersantan yang jadi pendamping ketupat atau lontong. Citarasanya gurih dengan bumbu meresap hingga ke serat daging. Belum lagi permukaan kulit yang renyah. Di Indonesia tentu ada banyak variasi ayam goreng. 
5. Ayam panggang
Ayam panggang atau ayam bakar tak kalah enak untuk sajian lebaran. Apalagi sajian ini mudah diolah jadi berbagai variasi sesuai selera. Bisa bercitarasa manis, pedas atau kaya rempah. 
6. Ayam berbumbu pedas
Bagi sebagian orang, keberadaan bumbu pedas bisa meningkatkan nafsu makan. Jika Anda dan keluarga pencinta pedas, jangan lewatkan menu kaya cabai ini saat lebaran. 
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment