#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Lebaran... Buat Lontong Praktis yang Lembut Harum

DIOLUHTAN-suluhtani. Selain ketupat, lontong jadi sajian wajib saat lebaran. Lontong bisa dibikin sendiri dengan praktis. Teksturnya tetap lembut enak.
Membuat lontong sendiri ternyata tidak sulit karena ada cara praktis. Anda akan mendapatkan lontong yang lebih bersih, lebih murah, dan bebas pengawet. Bahan yang diperlukan antara lain beras, daun pisang, dan lidi. Simak tips berikut ini agar hasilnya lontong lembut harum.
1. Memilih Bahan dan Alat
 
Tidak semua jenis daun pisang cocok untuk membungkus lontong. Pilih daun pisang batu yang lembut dan beraroma wangi. Jika daun masih kaku, Jemur sebentar di bawah sinar matahari atau panggang sebentar di atas api hingga lemas. Gunakan daun pisang yang muda dan besar. Potong-potong lalu lap hingga bersih.
Untuk lidi, siapkan lidi dari batang daun kelapa yang dipotong serong. Ini bertujuan membuat lidi lebih runcing dan mudah dipakai.
Sementara panci untuk merebus lontong bisa digunakan panci bertekanan (pressure cooker) yang lebih praktis dan menghemat waktu. Jika memakai panci biasanya waktu merebus akan lebih lama.
2. Buat Adonan Nasi
Pilih beras pulen seperti rojolele, pandan wangi, atau mentik spesial. Cuci bersih beras kemudian rebus dengan air secukupnya hingga menjadi aronan (nasi setengah masak). Banyaknya air kira-kira sekitar 2 cm dari permukaan beras. Setelah itu, angkat dan dinginkan. Dengan nasi aron waktu merebus lontong jadi lebih singkat daripada dengan beras mentah. Selain itu tekstur lontong lebih lembut.
3. Membungkus Lontong
Siapkan 2 lembar daun pisang yang disatukan. Balik daun pisang yang di bagian lapisan dalam sehingga bagian yang licin menghadap ke atas. Ini agar lontong berwarna kehijauan.
Lalu taruh aronan nasi di bagian tengah hingga 3/4 bagian dan gulung hingga rapi dan padat. Semat kedua ujung daun dengan lidi.
4. Masak Lontong
Foto: Indonesian Medan Food
Siapkan panci bertekanan, susun lontong di dalamnya lalu beri air secukupnya hingga lontong terendam. Rebus hingga air mendidih dan hitung waktunya sekitar 30 menit sejak panci berdesis.
Masak terus hingga lontong padat dan waktu memasak habis. Jika memakai panci biasa, waktu merebusnya kira-kira 1 -2 jam. Tambahkan air panas jika lontong belum masak dan air habis.
5. Dinginkan Lontong
Setelah matang, tiriskan lontong dengan posisi berdiri hingga dingin. Usahakan bagian ujung lontong kedua sisinya kering agar tak cepat basi.
6. Alternatif Penggunaan Daun
Foto: Price Area
Jika tak ada daun pisang, Anda bisa memakai cetakan lontong berbentuk silinder dengan lubang-lubang yang dilengkapi tutup.
Lapisi cetakan dengan plastik tahan panas lalu masukkan aronan nasi ke dalam cetakan. Masak seperti lontong biasa hingga padat dan empuk.
Sumber : www.detik.com
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment