#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Distan TPH Kab. Bone didampingi Penyuluh, Lakukan Survey Pengembangan Jaringan Irigasi Di Bontocani

Bontocani. Pengembangan jaringan irigasi di Desa Bana, Kec. Bontocani, Kab. Bone, Sulsel, tepatnya di dusun Pao untuk mendukung upsus swasembada pangan akan segera dimulai. Hal ini ditandai dengan kedatangan tim survey identifikasi CPCL (calon petani calon lahan) pada kegiatan pengembangan jaringan irigasi yang dikoordinir oleh Kabid. Sarana dan Prasarana, Dinas Pertanian TPH Kab. Bone, Hj. Andi Tenriawaru, SP, MSi, (Selasa (21/4).

Tim Survey menyempatkan foto bersama saat rehat mendaki menuju hulu air sejauh 1,5 km di Desa Bana

Menurut Andi Tenri, dalam rangka upaya khusus peningkatan produksi padi, salah satu program yang dilaksanakan Dinas Pertanian TPH Kab. Bone yaitu pengembangan jaringan irigasi yang merupakan faktor penting dalam proses usahatani yang berdampak langsung terhadap kualitas dan kuantitas tanaman khususnya padi.
Tujuan dari kegiatan ini adalah selain meningkatkan kinerja jaringan irigasi untuk dapat meningkatkan fungsi layanan irigasi, meningkatkan produksi dan produktivitas padi. “Sasarannya yaitu terbangunnya dan/atau meningkatnya jaringan irigasi di Kab. Bone khususnya di Kec. Bontocani, yang diiringi dengan meningkatnya produksi dan produktivitas padi melalui penambahan indeks pertanaman (IP) serta meningkatnya partisipasi petani terhadap pelaksanaan kegiatan pengembangan jaringan irigasi” ungkapnya.
Kegiatan ini merupakan kegiatan pendukung utama dalam usaha pertanian melalui fungsi penyediaan air irigasi untuk mewujudkan kedaulatan pangan khususnya padi, jagung dan kedelai. “Ini adalah salah satu perhatian Pemkab Bone terhadap pembangunan pertanian yang tujuannya juga untuk peningkatan kesejahteraan petani” sambungnya.

Di hari yang sama Tim survey juga melakukan identifikasi di tempat lainnya di Kec. Bontocani, yaitu Kel. Kahu, Desa Bulu Sirua dan Desa Bontojai. Tim survey didampingi oleh Penyuluh BP4K (Yusran A. Yahya), PPK Distan TPH (Muh. Jafar), , Personel Babinsa (Serda Tri dan Serda Mustaking) serta para ketua kelompok tani CPCL. (yoush)
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment