#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Desa Bana Mulai Kebanjiran Langsat

DIOLUHTAN. Musim buah langsat dan rambutan merupakan rezeki tersendiri bagi masyarakat Desa Bana utamanya yang memiliki kebun buah langsat dan rambutan. Seperti misalnya di dusun Bana Tengnga, dusun Pao dan dusun Bana Jauh. Masyarakat disana disibukkan dengan panen buah rambutan dan langsat. Walaupun harga ditingkat petani hanya berkisar Rp.1.000 per liter.
Sakka (57) yang juga kepala dusun Bana jauh yang dikonfirmasi kru Dioluhtan di kebun langsatnya mengaku hanya memiliki beberapa puluh batang pohon langsat. Kendati pun itu, buahnya cukup padat. Sampai saat ini dirinya sudah mengumpulkan beratus-ratus kilo langsat walaupun hanya sedikit meraup pendapatan, tapi dirasakan bisa berbagi dengan masyarakat sekitar diluar desa atau kecamatan lainnya. “Itu baru panen pertama, ndi’, padahal beberapa pohon sudah ditebang untuk melancarkan pemasangan instalasi kabel PLN beberapa bulan yang lalu” katanya.
Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Desa Bana, Yusran A. Yahya, SPt, MSi mengungkapkan panen langsat tahun ini, kemungkinan agak menurun diakibatkan beberapa pohon langsat yang ditanam dipinggir jalan ditebang untuk melancarkan pemasangan kabel PLN dan tanpa ganti rugi “Beberapa petani harus mengurut dada, akibat penebangan ini” ungkapnya
Penyuluh Bana melanjutkan bahwa harga langsat yang sangat murah ini diakibatkan sarana prasarana jalan yang masih kurang baik. Akses jalan para pedagang pengumpul masih terkendala sehingga mempengaruhi harga buah langsat di Desa Bana.
(Baca pula : Desa Bana, Kec. Bontocani siap jadi desa sentra Hortikultura)
Untuk itu pemerintah Desa Bana bersama penyuluh terus melakukan upaya, agar potensi buah langsat yang ada di Desa Bana ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat petani. Apalagi telah banyak buah-buahan lain yang siap panen yaitu buah durian, pala, manggis serta buah hortikultura lainnya. (Yoush A. Yahya)
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment